Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Trafoindo Prima Perkasa

Rohmat Taufiq, Angga Aditya Permana

Abstract


Abstrak - Sebuah perusahaan tidak akan berkembang tanpa ada dukungan dari karyawan sebagai salah satu aset perusahaan, sehingga perusahaan dituntut untuk merekrut calon karyawan yang berpotensi dan berbakat guna mendukung keberhasilan perusahaan. Tenaga kerja terampil yang dapat membawa perusahaan berkembang dan bersaing dengan perkembangan zaman, dan aspek perekrutan mulai mendapatkan pandangan khusus, karena proses perekrutan yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat menghalang laju berkembangnya perusaan itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendukung keputusan untuk proses pemilihan karyawan tersebut. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dalam hal ini para calon karyawan dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas yang menghasilkan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap setiap karyawan. Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap karyawan, melakukan perubahan kriteria, dan perubahaan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan, sehingga akan di dapatkan karyawan yang paling layak diterima di perusahaan.


Abstract – A company will not develop without support from employees as one of the company's assets, so that company is required to recruit potential and talented candidates to support the company. The skilled workers who can bring the company to grow and compete with the times, and the recruitment aspect starts to get a special view, because the recruitment process that is not in accordance with the needs of the company can hinder the development of the company itself. Therefore, a decision support system is needed for the employee selection process. This decision support system uses the Simple Additive Weighting (SAW) method. In this case prospective employees are being compared with to provide an output to provide an output of priority intensity values for an employee assessment that produce a system that provides an assessment of each employee. This decision support system helps assess each employee, changes criteria, and changes the weight value. This is useful to facilitate decision making related to employee selection issues, to a company will get the most appropriate employee to be recruited.

Keywords - Decision Support System, Company, SAW, Employee.


Full Text:

PDF

References


. Turban, Efraim, E.A.Jay. Decision Support System and Intelligent

System. Penerbit Prentice-Hall Internatiol,inc :USA. 1998.

. R.McLeod,Jr. Sistem Informasi Edisi 7 Jilid 2. Prenhallindo:

Jakarta. 2001.

. J.Hermawan. Membangun Decision Support System. Andi Offset:

Yogyakarta. 2005.

. K.Suryadi, M.A.Ramdhani. Sistem Pendukung Keputusan, PT.

Remaja RosdaKarya: Bandung. 2000.

. Daihani, D.Umar. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Elex

Media Komputindo: Jakarta. 2001.

. B.S. Sastrohadiwiryo. Manajemen Tenaga Kerja

IndonesiaPendekatan Administrasi dan Operasional. Bumi

Aksara: Jakarta. 2002.

. Y Chung-Hsing.A Problem-based Selection of Multi-Attribute

Decision Making Methods. International Transactions in

Operational Research. Blackwell Publishing. 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i4.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor