Pengembangan Sikap Gotong Royong Pada Anak Usia Dini Melalui Tema Budaya Betawi

Novia Akmaliani, Rohita Rohita

Abstract


Sikap gotong royong merupakan salah satu sikap yang penting dimiliki anak dan menjadi salah satu dimensi yang harus dicapai anak dalam Kurikulum Nasional pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya penanaman sikap gotong royong pada anak usia dini melalui pelaksanaan P5 dengan tema budaya Betawi. Tiga indikator dalam penilaian sikap gotong royong yaitu: kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian dua orang guru taman kanak-kanak yang merupakan guru penggerak di TK XYZ. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahapan  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan berbasis budaya Betawi, seperti membuat kue Bawang dan menarikan tarian Kicir-kicir dapat mendorong anak untuk memiliki kemampuan berkolaborasi, menunjukkan kepedulian terhadap sesama, dan berbagi peran dalam aktivitas kelompok sebagai indikator dari sikap gotong royong. Guru berperan sebagai fasilitator untuk menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, sehingga sikap gotong royong dapat ditumbuhkan sejak dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan berbasis budaya lokal dalam P5 tidak hanya memperkuat identitas budaya anak, tetapi juga menjadi strategi efektif dalam menanamkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata dari Profil Pelajar Pancasila.

 


Full Text:

PDF

References


Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., … Umah, N. B. (2023). Penguatan karakter gotong royong profil pelajar Pancasila melalui service learning di Tpq Mambaul Huda Kedawung kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 148–154. Retrieved from http://www.journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/201

Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267–277. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353

Dewi, H. (2014). Peningkatan partisipasi belajar melalui metoe bercakap-cakap pada pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–8.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(September), 781–790.

Flurentin, E. (2014). Latihan kesadaran diri (self awareness) dan kaitannya dengan penumbuhan karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v1i1.472

Julistiyana, Y., Nurmalasari, W., & Dzikry, L. F. (2024). Penerapan profil pelajar Pancasila melalui proyek keterampilan 4m (menyimak , membicrakan, membaca dan menulis) untuk kelas V SDN 2 Buluagung. IJCD: Indonesian Journal of Community Dedication, 02(01), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.61214/ijcd.v2i1.264

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran temn sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641

Okpatrioka, Sari, B. G. M., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi penanaman karakter gotong royong berbasis penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 105–118. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1379

Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I., & Mahendra, W. (2023). Pendampingan projek penguatan pelajar Pancasila (P5) penerapan merdeka belajar pada tingkat SMA. Community Development Journal, 4(4), 8403–8408.

Rizkasari, E. (2022). the Role of Elementary School Teachers in Preparing the Golden Generation Through the Pancasila Student Profile. Edupedia, 6(2), 80–85. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1506

Triansyah, A., Moh, N., Atmaja, K., & Abdurrochim, M. (2020). Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 145–155. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji

Ulfatin, N. (2015). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: teori dan aplikasinya. Retrieved August 2, 2023, from Media Nusa Creative website: https://books.google.co.id/books?id=kISeEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan keterampilan Abad ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, (October), 1–19. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/336511419_Memberdayakan_Keterampilan_Abad_Ke-21_melalui_Pembelajaran_Berbasis_Proyek




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i2.3625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110