Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)

 

Petunjuk Umum Artikel

Artikel yang ditulis harus mengandung komponen-komponen artikel ilmiah (sub judul sesuai urutan), yaitu (a) Judul Artikel, (b) Nama Lengkap Penulis (tanpa gelar), (c) Alamat Afiliasi Penulis, (d) Abstrak dan Kata Kunci, (e) Pendahuluan, (f) Metode Penelitian, (g) Hasil dan Pembahasan, (h) Simpulan dan Saran, (i) Ucapan Terimakasih, dan (j) Daftar Acuan/ Pustaka.

Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimal 12 halaman. Artikel ditulis sesuai dengan template, dengan huruf Time New Romanfont 11 pt, dalam kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin Moderate (margin atas/bawah 1 inci; margin kiri/kanan 0.75 inci) Naskah dalam bentuk 2 kolom dengan jarak antar kolom 0.36 inci kecuali pada bagian abstrak.

Penulisan sub judul dibagian isi artikel (Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran) ditulis dengan huruf Time New Roman, font 11 pt, Kapital, Tebal (Bold), dan Centered. Sedangkan jika di dalam sub judul terdapat sub judul lagi ditulis dengan huruf tebal (bold), 11 pt tanpa menggunakan bullet & numbering, rata kiri (Align Left). Jarak antar paragraf satu spasi (11 pt). satu paragraf terdiri dari 3-7 kalimat. Semua penjelasan dibuat dalam bentuk paragraf tanpa menggunakan bullets & numbering

Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar (Figure Caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar, judul gambar ditulis dengan Times New Roman ukuran 10 pt, Centered dan diletakkan di bawah gambar tanpa spasi. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan bernomor urut angka Arab di sebelah atas (Centered) tabel tersebut diikuti dengan judul tabel. Judul tabel ditulis dengan Times New Roman ukuran 10 pt. Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horizontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.

Rumus diletakkan simetris pada kolom, diberi nomor di ujung kanan, dalam tanda kurung secara berurutan. Apabila rumus lebih dari satu baris, maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir.

 

HALAMAN DEPAN

Judul artikel maksimal 12 kata (untuk bahasa Indonesia) dan 10 kata (untuk bahasa Inggris) (14 pt), nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis ditulis rata tengah pada halaman pertama di bawah judul artikel (12 pt). Sebaiknya dalam menulis judul hindari penggunaan kata "studi", "pengaruh", "hubungan", dan "analisis". Nama latin dan istilah asing lainnya diketik huruf miring . Jarak baris antara judul dan nama penulis adalah 1 spasi tunggal, 11 pt. Sedangkan jarak antara alamat afiliasi penulis dan korespondensi email adalah satu spasi (11 pt). Penulis dengan afiliasi yang sama diberi angka yang sama. Penomoran ditulis menggunakan superscript.

Abstrak

Untuk naskah berbahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan susunan abstrak bahasa Indonesia terlebih dahulu baru asbtrak bahasa Inggris. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, abstrak tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Abstrak harus bersifat informatif menggambarkan tujuan, metode penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data,  hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman, font 11 pt, justify dengan jumlah kata maksimal 250 kata. Keyword ditulis dalam bahasa Inggris dan di bold, di bawah abstrak untuk mendeskripsikan isi dari naskah berjumlah 3 -5 kata kunci. 


HALAMAN ISI

Pendahuluan

Berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, hasil penelitian sebelumnya, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel. Pendahuluan harus mencerminkan permasalahan yang diteliti. Sehingga secara implisit maupun eksplisit mendorong keingintahuan pembaca terhadap pemecahan masalah yang akan dilakukan atau diajukan oleh peneliti. Huruf pertama dalam pendahuluan ditulis dalam drop cap ukuran 3 baris. Jarak antara paragraf satu spasi tunggal. Pendahuluan juga berisi teori atau pustaka yang disitasi sesuai dengan judul dan permasalahan yang diteliti

 Metode Penelitian

Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel. Metode penelitian menjelaskan pelaksanaan penelitian dan diharapkan dapat membuat pembaca mengevaluasi ketepatan metode, validitas dan reliabilitas, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, serta memungkinkan peneliti lain mereplikasi penelitian

Hasil dan Pembahasan 

Berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan permasalahan. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/ atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.

Simpulan dan Saran

Berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf. Saran yang disampaikan harus didasarkan atas analisis yang dibuat pada bagian pembahasan dan dibuat dalam bentuk narasi

Ucapan Terimkasih

Berisikan ucapan terima kasih kepada pemberi dana atau sponsir, penyumbang dana dan sarana penelitian. Nama ditulis tanpa gelar.

Daftar Acuan/ Pustaka 

Daftar acuan/ pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan lebih diutamakan sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di Jurnal AUDHI disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.  Jumlah daftar acuan/ pustaka yang digunakan sebaiknya antara 10-20 rujukan. Daftar acuan/ pustaka disusun dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis menggunakan reference manager  mengikuti kaidah APA Style.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.