Strategi Pengembangan Laboratorium Program Studi Teknik Industri di Universitas Al Azhar Indonesia

Nunung Nurhasanah, Octrivia Deliani

Abstract


Praktikum merupakan mata kuliah yang berdiri sendiri menjadi suatu mata kuliah praktikum, atau embedded dalam suatu mata kuliah. Kurikulum Teknik Industri tahun akademik 2010/2011 yang terdiri dari total 144 sks, di dalamnya terdapat 19% mata kuliah praktikum atau sebanyak 28 sks. [1]

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan laboratorium Teknik Industri di UAI sehingga tercapai visi untuk menjadi program studi Teknik Industri terkemuka dalam menghasilkan lulusan sarjana teknik industri yang unggul dan bermartabat serta memiliki kemampuan Intelektual di bidang Sistem Manufaktur dan Manajemen Bisnis yang berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral, dan etika Islam.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi penelitian manajemen strategi dan analisis keputusan. Pendekatan yang digunakan dalam manajemen strategi adalah menganalisis faktor lingkungan eksternal dan internal dengan matriks IFE dan EFE. Matriks ini akan menghasilkan nilai koordinat sebesar (0,48 : 0,90) yang akan digambarkan dengan Grand strategy matrix. Berdasarkan grand strategy matrix diperoleh posisi Lab TI-UAI pada kuadran I.

 

Strategi yang ditawarkan dari hasil brainstorming adalah Strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil penggabungan pendapat pakar dengan pendekatan Non Numeric Multicriteria Decision Making diperoleh prioritas strategi pengembangan Penetrasi pasar dan Pengembangan produk dengan nilai P (Penting).

Full Text:

PREVIEW DOCUMENT


DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v2i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor