Pengembangan Produk Tempat Sampah Penghancur Plastik Berbasis Green Technology

Deyorizky Setyo Nugroho, Farra Nabila Murti, Max Dewar Rivero, Muhammad Noviandy, Siti Nurlelyza Trisaid, Aprilia Tri Purwandari, Seto Bayu Ismoyo, Niken Parwati

Abstract


AbstrakInovasi merupakan aspek kunci yang mendorong suatu perusahaan semakin berkembang dan tetap bertahan dalam ketatnya persaingan di pasar. Seiringan dengan perkembangan teknologi yang revolusioner, menimbulkan adanya kebutuhan akan produk-produk dengan kemampuan yang mutakhir, oleh karena itu dibutuhan pola pikir yang kreatif dan berorientasi pada kreativitas bagi para perusahaan untuk tetap mempertahankan kedudukannya di persaingan pasar. Dalam upaya menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas tinggi, diperlukan perencanaan dan pengembangan produk yang komprehensif, selain itu juga diharapkan memiliki manfaat yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Salah satu orientasi yang ditujukan pada perusahaan saat ini ialah mengembangkan Green Technology yang merujuk pada pembangunan dan aplikasi produk, peralatan serta sistem untuk memelihara alam sekitar dan meminimumkan dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia. Pada penelitian ini, dilakukan perencanaan dan pengembangan produk tempat sampah penghancur plastik ramah lingkungan bertenaga mekanik, dengan sensor elektrik yang mampu mendeteksi ketinggian sampah agar tidak menumpuk. Alur penelitian dilakukan mulai dari pencarian dan pengumpulan ide produk, penyaringan ide produk yang feasible dan berpotensi menguntungkan, pembuatan prototipe produk, hingga analisis ekonomi dari produk yang akan dikembangkan. Tempat sampah penghancur sampah yang ramah lingkungan ini diberi nama Trade (Trash Destroyer).

Abstract - Innovation is a key aspect that encourages a company to grow and stay afloat in the tight competition in the market. In tandem with revolutionary technological developments, there is a need for products with cutting edge capabilities, therefore a creative, creativity-oriented mindset is required for companies to maintain their position in the marketplace. To be able to produce innovative and high quality products, comprehensive product planning and development is required, but it is also expected to have sustainable and beneficial benefits for environmental sustainability. One of the orientations aimed at companies today is to develop Green Technology which refers to the development and application of products, equipment and systems to maintain the natural surroundings and nature and minimize or minimize negative impressions rather than human activities. This study carries out the planning and development of an environmentally friendly, mechanical-powered, plastic crushing trash bin that is equipped with electric sensors which is capable of detecting the height of waste to prevent trash accumulation. The flow of research is carried out starting from the search and collection of product ideas, filtering feasible and potentially profitable product ideas, making product prototypes, to economic analysis of the products to be developed. This environmentally friendly trash dumpster is named Trade (Trash Destroyer).

Keywords - Green Technology, Planning and Development, Trade


Full Text:

PDF

References


V. Stephan & R. D. Klassen. Extending green practices across the

supply chain: The impact of upstream and downstream integration.

International Journal of Operations & Production Management, Vol. 26

Issue: 7, pp.795-821, 2006.

Nasfiendry, Diktat Perencanaan dan PerancanganProduk, Jakarta:

Gramedia Pustaka, 2003.

K. T. Ulrich, dan S. D. Eppinger, Perancangan dan Pengembangan

Produk, Jakarta: Salemba Teknika, 2001.

Product Design and Development: Product Architecture.

http://staff.ui.ac.id/system/files/users/erlinda.muslim/material/12-

productarc.pdf [Diakses pada 29 Oktober 2018]

Modul Praktikum Teknik Industri Universitas Al Azhar. Modul Sistem

Pengembangan Produk. Jakarta: Teknik Industri. 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i4.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor