Hubungan Gaya Mengajar Dosen dalam Proses Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia

Eny suwarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran hubungan Gaya Mengajar Dosen dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di fakultas psikologi & Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan subjek yang diamati berbeda-beda (cross sectional), dan bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner berupa skala. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data penelitian yaitu validitas-reliabilitas, uji normalitas dan product moment.  SPSS 16 . Sampel penelitian yang dipakai adalah 79 mahasiswa . Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat ada hubungan yang negatif   antara Gaya Mengajar Elementery, Intermediate, Advanced,  dan creative – evaluative dengan Motivasi Belajar Mahasiswa  di Fakultas Psikologi & Pendidikan  Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Gaya Mengajar Dosen berkorelasi secara negative dengan  Motivasi Belajar Mahasiswa.

Abstract

This research focused on describing correlation between Teaching Style with Learning Motivation of Education & Psychology Al Azhar University students. Previous researches showed significant negatif correlation between Teaching Style Elementary, Intermediate, Advanced, dan creative – evaluative with learning motivation students. This research was using learning motivation  Scale and teaching style that developed by Bloom as data gathering instrument for 79 subjects. Using independent product moment  for processing data analysis, the result showed that there was  significant negatif correlation between Teaching Style Elemantary, Intermediate, Advanced and Creative-evaluative with learning motivation students. It can be concluded that Teaching Style variable also played important to increase student motivations.


Full Text:

PREVIEW DOCUMENT


DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v1i4.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors