Aspek Budaya Prancis dalam Metropop Autumn In Paris Karya Ilana Tan

Tania Intan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap aspek-aspek budaya Prancis dalam novel metropop Autumn in Paris karya Ilana Tan serta mengkaji signifikansinya terhadap narasi yang dibangun oleh pengarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis, dengan pendekatan sosiologi sastra dan kajian struktural. Data berupa kata, frasa, dan kalimat yang berkaitan dengan aspek budaya Prancis dalam objek penelitian dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Data kemudian diklasifikasi dan diinterpretasi dengan teori-teori yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek budaya Prancis yang ditampilkan meliputi penamaan tokoh, penggambaran fisik dan karakter orang Prancis, penggunaan latar tempat di Prancis,  deskripsi kuliner Prancis, dan aktivitas keseharian orang Prancis. Penggambaran aspek budaya Prancis tersebut tidak bersifat spesifik dan elemen-elemen yang disebutkan masih merupakan pengetahuan superfisial bagi pembaca. Penggunaan istilah dan kata-kata berbahasa Prancis pun sangat minimalis. Ada introduksi fenomena multikultural namun tidak dikembangkan lebih jauh. Secara keseluruhan, dapat dinyatakan bahwa aspek budaya Prancis yang ditampilkan Ilana Tan pada novel Autumn in Paris bersifat stereotipikal dan dekoratif.

Kata Kunci - Budaya Perancis, Ilana Tan, Metropop, Stereotip


Full Text:

PDF

References


I. Mujiarso, "Ilana Tan, Penulis Mega Best-sellers yang Misterius," DetikHOT, 25 Juni 2015. Accessed on: 26 Januari 2019Available: https://hot.detik.com/art/2952148/ilana-tan-penulis-mega-bestseller-yang-misterius

T. Intan, Handayani, V. T., Sundasari, W., "Citra Perempuan dalam Novel Metropop Tetralogi Empat Musim karya Ilana Tan," Nusa, vol. 14, no. 4, pp. 583-598, 2019.

Nurhadi, "Latar Luar Negeri Karya-karya Fiksi Indonesia," pp. 1-10, t.t.

I. Tan, Autumn in Paris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Sakila, "Kajian Latar Fisik dan Latar Sosial yang Tercermin dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini," Totobuang, vol. 6, no. 1, pp. 69-80, 2018.

J. Sumardjo, Saini K.M Apresiasi kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.

B. Nurgiyantoro, "Sastra sebagai Pemahaman Antarbudaya," Cakrawala Pendidikan, vol. 14, no. 3, pp. 1-16, 1995.

Suhardi, "Nilai Budaya Minangkabau dalam Cerpen Cimuntu Lansie karya Wisran Hadi," Jurnal Bahasa Lingua Scientia, vol. 10, no. 1, pp. 17-31, 2018.

R. N. M. Sitompul, M.; Purwarno, "Love in Ilana Tan’s Novel Autumn in Paris," Journal of Language, vol. 1, no. 2, pp. 128-136, 2019.

U. Baitaningrum, "Wacana Citra Tokoh Utama Perempuan pada Sastra Populer (Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills pada Novel tetralogi 4 Musim Karya Ilana Tan)," Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 2017.

S. Alverina, Veni, Tjong, Cendrawaty, "Ciri Khas Novel Khas Ilana Tan," Skripsi, Faculty of Language and Culture, School of Chinese Literature, BINUS University, 2013.

I. N. K. Ratna, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2015.

N. K. Ratna, Paradigma Sosiologi Sastra (Cetakan ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

J.-A. Pruvost, "Niveau de maîtrise de l’anglais en France en 2018," Available: https://www.languagebooster.fr/niveau-maitrise-anglais-france-2018/

O. Grand-Clement, Savoir-vivre avec les Français. Paris: Hachette Livre FLE, 1996.

I. Santoso, "Di antara Masa Lalu-an dan Kekinian Kota Bersejarah," Mintakat Jurnal Arsitektur, vol. 2, no. 1, pp. 39-44, 2003.

H. Cholsy, "Kata Serapan Bahasa Perancis sebagai Sebuah Distingsi dalam Ranah Kuliner dan Mode di Indonesia," in International Seminar Prasasti III: Current Research in Linguistics, 2012.

C. Chevalier-Karfis, "Un Bistro, une Brasserie, un Restaurant? What’s the Difference? ," Available: https://www.frenchtoday.com/blog/french-food-wine/difference-bistro-brasserie/

J. Tjahjani, "Multikulturalisme di Prancis: Masalah Asimilasi dan Integrasi. ," Available: https://staff.ui.ac.id/system/files/users/joesana.tjahjani/publication/pptbujoesana.pdf.

S. Herlina, "Suatu Telaah Budaya: Agama dalam Kehidupan Orang Jepang," Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, vol. 1, no. 2, pp. 113-118, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v6i1.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors