Membuat Siswa Lebih Produktif Dalam Berbahasa “Accountable Talk”

Herlambang Andi Prasetyo Aji

Abstract


Abstrak - Fokus penelitian ini adalah tentang istilah accountable talk dalam berbahasa dan penerapannya dalam kelas. Istilah ini sering muncul dalam disiplin ilmu inovasi psikologi pendidikan. Accountable talk adalah tentang bagaimana membuat bahasa percakapan peserta didik lebih produktif dalam ranah akademik dan sosial. Signifikansi penelitian ini adalah seringkali ketidak mampuan bernalar dengan baik menghalangi proses pembelajaran melalui pembicaraan.Beberapa pertanyaan paling mendasar dari penelitian ini adalah tentang bagaimana cara membuat siswa dapat berbicara untuk pengambilan keputusan sosial dan untuk mempelajari disiplin akademik yang kompleks. Untuk mengembangkan keduanya dalam kapasitas individu dan masyarakat sehingga dapat menggunakan bahasa secara produktif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yakni suatu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Pendekatan yang digunakan adalah interdisciplinary approach yaitu pendekatan yang menggunakan tinjauan berbagai sudut pandang ilmu yang serumpun. Berbicara menggunakan bahasa yang dapat membangun sebuah pikiran sangatlah penting dalam pengambilan keputusan sosial dan dalam mempelajari disiplin akademik yang komplek. Yang terpenting adalah bagaimana seseorang membuat percakapan yang rasional sehingga mudah untuk dipelajari oleh semua orang. Para siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai tubuh pengetahuan otoritatif saja (teori), tetapi juga harus bisa menggunakan bahasa yang baik, sehingga membuat mereka lebih produktif lagi dalam disiplin ilmu.

Abstract - The focus of this research is about the term accountable talk in the language and its application in the classroom. This term often appears in the disciplines of educational psychology innovation. Accountable talk is about how to make the language of conversation of students more productive in the academic and social realms. The significance of this research is that often the inability to reason properly prevents the learning process through conversation. Some of the most fundamental questions from this research are about how to make students able to speak for social decision making and to study complex academic disciplines. To develop both in the capacity of individuals and communities so that they can use the language productively. This research is library research (library research), which is a study in which data collection is done by collecting data from various literatures. The approach used is an interdisciplinary approach which is an approach that uses a review of various perspectives of allied science. Speaking using language that can build a mind is very important in social decision making and in learning complex academic disciplines. The important thing is how someone makes a rational conversation so it's easy for everyone to learn. Students are not only required to master the body of authoritative knowledge (theory), but also must be able to use good language, thus making them more productive in scientific disciplines.

Keywords - Accountable, Language, Student


Full Text:

PDF

References


Y. Budhianto, “Pembelajaran Bahasa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa,” FON, vol. 13, no. 2, Okt 2018, doi: 10.25134/fjpbsi.v13i2.1550.

R. Raswan, “Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa,” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 5, no. 1, hlm. 121–140, Jun 2018, doi: 10.15408/a.v5i1.7007.

N. Yanti, S. Suhartono, dan R. Kurniawan, “Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip UniversitasBengkulu,” j. ilm. Korpusk., vol. 2, no. 1, hlm. 72–82, Agu 2018, doi: 10.33369/jik.v2i1.5559.

D. Preiss dan R. J. Sternberg, Innovations in educational psychology perspectives on learning, teaching, and human development. New-York: Springer, 2010.

Jurgen Habermas, Discourse ethics: Notes on a program of philosophical justifi cation. In Moral consciousness and communicative action. Cambridge: MIT Press., 1990.

John Dewey, Liberalism and social action. New York: Putnam, 1966.

S. Susilawati, “Model Pembelajaran Inquiry Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Ips Terpadu,” JPIPS, vol. 2, no. 1, hlm. 31, Des 2015, doi: 10.18860/jpips.v2i1.6836.

Chapin & Connor, Project Challenge: Identifying and developing talent in mathematics within low-income urban schools. Boston University School of Education Research Report, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i3.390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors