Personal Branding Valentino Simanjuntak sebagai Komentator Olahraga di Media Televisi

Naufal Ferdiansyah, Amalia Djuwita

Abstract


Abstrak - Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai “Personal Branding Valentino Simanjuntak sebagai Komentator Olahraga di Media Televisi”. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana penerapan personal branding yang dilakukan oleh Valentino Simanjuntak sebagai komentator olahraga di media televisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini ialah post-positivisme karena peneliti ingin membuktikan dan menganalisa suatu fenomena yang terjadi pada subjek penelitian dengan berpedoman teori yang sudah ada dan berpaku pada suatu teori. Dalam objek penelitian penulis memilih Valentino Simanjuntak sebagai informan kunci, lalu memilih Ary Sapari dan Petrus Tomy Wijanarko sebagai informan pendukung dan memilih Dra. Dewi Taviana Walida, Psi, Psikolog sebagai informan ahli. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan personal branding, Valentino Simanjuntak hadir sebagai komentator olahraga di media televisi yang memiliki ciri khas variasi ragam bahasanya saat menjadi komentator olahraga yaitu slang, jargon, akrolek, dan ken dengan sebelas karaktersitik personal branding yaitu keaslian, integritas, konsisten, spesialisasi, wibawa, kekhasan, relevan, terlihat, kegigihan, nama baik, dan kinerja yang sudah cukup baik dan selaras. Akan tetapi, pada poin kewibawaan, untuk diakui sebagai ahli dalam bidang komentator olahraga Valentino Simanjuntak masih membutuhkan waktu dan proses lagi untuk memenuhi kriteria kewibawaan.

Abstract - This research is a qualitative research on "Personal Branding Valentino Simanjuntak as Sports Commentator on Television Media". The purpose of this research is to analyze the way of applying personal branding carried out by Valentino Simanjuntak as a sports commentator on television media. This study uses qualitative methods with a type of descriptive analysis research. The paradigm used in this research is post-positivism because researchers want to prove and analyze the phenomena that occur in the subject of research by referring to existing theories and sticking to a theory. In the research object, the author choose Valentino Simanjuntak as the key informant, then choose Ary Sapari and Petrus Tomy Wijanarko as supporting informants and chose Dra. Dewi Taviana Walida, Psi, Psychologist as expert informant. The result of this research shows  that in conducting personal branding, Valentino Simanjuntak was present as a sports commentator on television media who has a uniqueness of language variation like slang, jargon , akrolek, and ken with eleven personal branding characteristics namely authenticity, integrity, consistency, specialization, authority, distinctiveness, relevant, visibility, persistence, goodwill, and performance. It is good enough and in harmony. However, in terms of authority, to be recognized as an expert in the field of sports commentator Valentino Simanjuntak still needs more time and process to fulfill the criteria of authority

Keywords - Language Variety, Personal Branding, Sports Commentator


Full Text:

PDF

References


. N. Ferdiansyah, “Personal Branding Valentino Simanjuntak Sebagai Komentator Olahraga Di Media Televisi” [Skripsi], Universitas Telkom, 2019.

. I. S. Zahri, “Valentino Simanjuntak: Nafas Baru Komentator Bola Di Indonesia”, Suarr.id, 14 Agustus 2018, [Website], Tersedia: http://suarr.id/valentino-simanjuntak-nafas-baru-komentator-bola-di-indonesia/ [Diakses: 4 November 2018]

. F. D. Sitorus, “Sejarah Jebreeet dan Impian Valentino Simanjuntak”, Bolasport, 18 September 2018, [Website]. Tersedia: https://www.bolasport.com/liga-1/306442-sejarah-jebreeet-dan-impian-valentino simanjuntak?page=1# [Diakses: 2 November 2018]

. Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metode), Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016.

. L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

. J. Rakhmat, METODE PENELITIAN KOMUNIKASI Dilengkapi contoh Analisis Statistik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2009.

. Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2015.

. H. K. Rampersad, AUTHENTIC PERSONAL BRANDING, Jakarta: PPM Publishing, 2008.

. D. Haroen, Personal Branding: Sukses Karir di Era Milenial, Tangerang Selatan: DH Media, 2018.

. R. Sempana, “Analisis Perubahan Makna Pada Bahasa Yang Di Gunakan Oleh Komentator Sepakbola Piala Presiden 2017 Kajian Sematik” [Jurnal], Universitas PGRI Madiun, 2017.

. L. F. Bachman, Fundamental Considerations In Language Testing, England: Oxford University Press, 1990.

. K. F. P. Siregar, “Analisis Ragam Bahasa Komentator Sepakbola Valentino Simanjuntak” [Skripsi], Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i2.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors