Diaspora Masyarakat Keturunan Arab di Jakarta

Zulkarnen Zulkarnen

Abstract


Abstrak - Diaspora adalah penyebaran orang dari satu negara asli ke negara lain (Cambridge Dictionary, 2017), sementara Sujatmiko (2014: 55) memberikan definisi yang sedikit berbeda dengan menyebutnya sebagai istilah yang mengacu pada bangsa atau penduduk etnis yang dipaksa atau dipaksa untuk meninggalkan tanah air tradisional etnik; penyebaran mereka di berbagai belahan dunia; dan perkembangan yang telah dihasilkan karena budaya dan penyebarannya. Masyarakat Arab menjunjung tinggi peraturan dan menjalankannya sama seperti menjalankan perintah Tuhan dan yang memecahnya berarti menghina Garda Tertinggi (Hitti, 2010), ini menjadi dasar studi budaya Arab di mana konsep masyarakat egalitarian dan geografi tandus dengan gurun khas merupakan faktor utama. Dalam membentuk karakter dan kepribadian yang keras dan pantang menyerah. Setelah melakukan Diaspora ke Indonesia khususnya di Jakarta, terjadi beberapa hal menarik untuk dipelajari secara kultural sehingga dalam penelitian ini terbatas pada penyebab diaspora, pemetaan permukiman mereka, dan pelestarian budaya mereka di Jakarta. Studi ini akan melakukan beberapa langkah untuk menyiapkan data awal yang akan digunakan untuk berbagai studi budaya melawan masyarakat keturunan Arab oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam membaca, mengeksplorasi, dan memahami masyarakat keturunan Arab dan mengungkapkan banyak sisi budaya mereka yang kaya akan filsafat esensial.


Kata Kunci – Diaspora, Arab, Budaya


Abstract - Diaspora is the spreading of people from one original country to other countries (Cambridge Dictionary, 2017), while Sujatmiko (2014: 55) gave slightly different definition by calling it as a term that refers to nation or forced or encouraged ethnic population to leave their traditional ethnic homeland; their deployment in various parts in the world; and the development that has been generated because of their culture and deployment. Arab society upholds the rules and runs it as same as runs God’s command and who break it means insulting The Supreme Guard (Hitti, 2010), it becomes fundamental of Arab culture study where egalitarian society concept and barren geography with desert typical are a major factor in shaping loud character and personality and unyielding. After doing Diaspora to Indonesia especially Jakarta, it happened several interesting things to be culturally studied that in this study is limited in the cause of diaspora, mapping of their settlement, and the preservation of their culture in Jakarta. The study will do several steps preparing an initial data that will be utilized to various culture studies against society of Arab descendant by any interested parties. It is expected the result of the study can help and make easier the people in reading, exploring, and understanding the society of Arab descendant and reveal many of their culture sides that rich in essential philosophy.


Keywords - Diaspora, Arab, Culture


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/diaspora. (Diakses Pada 8 maret 2017)

http://kbbi.web.id/diaspora.(Diakses Pada 10 Oktober 2016.)

E. Sujatmiko. Kamus IPS. Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan 1. 2014

G. Sumodiningrat dan R.Nugroho. Membangun Indonesia Emas. Jakarta: Elex Media Komputindo.2005

P.K. Hitti. History of Arabs. Penerjemah: R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, Jakarta: Serambi. 2010

A.JR.Goldschmidt.A Concise History of the Middle East, 2nd revised ed. Egypt: Boulder. Westview and Cairo: American University in Cairo.1983

Hamka. Sejarah Umat Islam. Selangor: PTS Media Group Sdn Bhd.2016

D.Fromkin. A Peace to End All Peace: The Fall of the Ottoman Empire and the Creation of the Modern Middle East. New York: Owl.1989

C. Hillenbrand.Perang Salib Sudut Pandang Islam. Penerjemah: Heryadi. Jakarta: Serambi.1999

Sulistiono, Budi. http://www.rabithah-alawiyah.org/id/kontribusi-komunitas-arab-di-jakarta-abad-19-dan-awal-abad-20-masehi/ .(Diakses Pada 8 maret 2017)

Mobini, Kesheh, Natalie, The Hadrami Awakening: Community and Identity in the Netherlands East Indies 1900-1942, New York, 1999, reprinted 2004, Cornell Southeast Asia Program Publications.

F. Daftari. Tradisi-tradisi Intelektual Islam. Jakarta: Erlangga. 2011

H. Barakat. The Arab World: Society, Culture, and State. Los Angeles: University of California Press. 1993

U. Farukh. Al-‘Arab Wa Al-Islam Fi Al-Haudl Asy-Syarqi Min Al-Bahr Al-Abyad Al-Mutawassitah. Beirut: Dar Al-Kutub. 1996

J. Al-Omari. Understanding the Arabic Culture. Oxford: Spring Hill Road. 2008

A. Aziz. Chiefdom Madinah. Tangerang Selatan: Alvabet. 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i3.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors