Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta)

Rohita Rohita, Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Abstrak - Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan penilaian pembelajaran di TK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Subjek penelitian adalah lembaga pendidikan anak Taman Kanak-kanak sebanyak 3 lembaga yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan penilaian pembelajaran yang dilakukan di tiga TK di wilayah Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat tidak hanya penilaian harian tetapi juga melakukan penilaian semester yang dilaksanakan pada akhir semester pembelajaran, dalam waktu 2 minggu dengan durasi kegiatan 1 – 1 ½ jam untuk setiap rombongan belajar. Setiap kelompok diberi tugas berupa beberapa lembar kerja yang berisi materi sesuai aspek perkembangan anak yang merupakan kumpulan dari materi-materi pada setiap tema yang telah dibahas sebelumnya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) penilaian semester yang dilakukan di ketiga TK belum menunjukkan kesesuaian dengan prinsip-prinsip penilaian pembelajaran di TK, yaitu prinsip alami dan bermakna, otentik, holistik, individual serta multisumber dan multikonteks; 2). Guru belum memahami betul subyek penilaian yaitu anak TK usia 4-6 tahun, sehingga memberikan materi soal yang sama antara anak kelompok A dengan anak kelompok B; 3). Pemahaman mengenai sasaran penilaian masih kurang, dimana aspek yang dinilai lebih banyak pada aspek kognitif dan bahasa, serta penggunaan metode pengumpulan data berupa alat penilaian yang lebih dominan menggunakan alat penilaian tes berupa lembar kerja anak; dan 4). Pelaksanaan penilaian pembelajaran khususnya penilaian semester tidak berdampak langsung pada penentuan pembelajaran selanjutnya. Kegiatan untuk pembelajaran berikutnya diberikan dengan melakukan diskusi antar guru mengenai kegiatan apa yang akan diberikan selanjutnya.

 

Kata Kunci - Penilaian Pembelajaran, Anak TK

 

Abstract - This study is a qualitative descriptive research. The purpose of this study was to desribe the implementation of the learning assessment in kindergarten. The data collection methods are interview, observation and review documentation. The subjects were kindergarten teachers from 3 different institution in Kapuk, Cengkareng, West Jakarta area. Purposive sampling was chosen as a tool for sample selection.The research revealed that the implementation of learning assesment in Kapuk, Cengkareng area, not only do per day but also per semester, which conducted at the end of semester, within 2 weeks, with duration of action 1- 1 ½ hour for each learning group. Each group was given  a task in a form of worksheets which comprised developmentally appropriate lessons according the themes that has been given before. The conclusion is the assesment which has been conducted in 3 kindergarten has not indicated the congruity with learning principles in kindergarten, namely as principles of natural and meaningful, authentic, holistic individualized, resourceful and and multi context; 2) teachers has lack in understanding assesment of the children in age 4-6 years therefore the teacher has given the same matter in grup A and B; 3)Teachers also has lack of understanding about the purpose of the assesment and therefore they more focus on cognitive and language mastery and using test in a form of worksheets than other form; 4) Learning assesment, especially semesterly, has not direct impact on determining the following lessons. The following lessons will be given as the result of teacher’s discussions about the learning activity.

 

Keywords - Learning Assesment, Kindergarten Children


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Undang-undang Republik Indonesia, No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education Preschool through Primary Grades. Sixth Edition. USA.

Anita Yus. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. 2011. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Slamet Suyanto. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK, Depdiknas Dirjen Dikti Dir. Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Wolfgang, Charles H., & Wolfgang, Mary E. 1992. School for Young Children. Developmentally Appropriate Practice. Allyn & Bacon, USA.

Curtis, Deb & Carter Margie. 2008. Learning Together with Young Children. A Curriculum Framework for Reflective Teachers. Redleaf Press. New Zealand.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014

Ghony, M.Djunaidi & Almanshur Fauzan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar Ruzzmedia.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta: MediaKom.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i1.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors