Pola Guru dalam Memotivasi Anak Studi terhadap Pola Guru di TK Islam dan TK Umum

Fidesrinur Fidesrinur

Abstract


Abstrak – Tujuan utama pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik untuk belajar mandiri. Pembentukan belajar mandiri memerlukan pembiasaan baik dari orang tua, pendidik ataupun  guru. Pembiasan guru dalam pola memotivasi merupakan landasan untuk memperkenalkan cara belajar bagi anak. Pola motivasi guru yang terjadi dalam rutinitas kelas membentuk  pola belajar anak. Pola guru lembaga PAUD Islam dan guru lembaga PAUD umum dalam memotivasi merupakan suatu fenomena yang menarik untuk dikaji guna memperoleh implikasinya terhadap pembelajaran PAUD. Hasil kajian menun-jukkan bahwa: (1) pola  motivasi guru lembaga PAUD Islam dan Umum sama-sama  menekankan pola motivasi behavioristik, akan tetapi pola motivasi guru lembaga PAUD umum lebih bervariasi dalam menggunakan pola humanistik. Baik lembaga PAUD Islam dan lembaga PAUD Umum belum menerapkan  kognitif sosial dan sosiolultural, (2) perbedaan pola motivasi guru PAUD umum dengan guru PAUD Islam dapat dibedakan didasari oleh pendekatan pembelajaran klasikal dan berbasis sentra. Kelas yang berbasis klasikal lebih berorientasi guru, sementara kelas yang berbasis sentra memberikan kesempatan yang lebih luas pada anak sehingga memugkinkan penggunaan pendekatan-pendekatan baru dalam memotivasi anak. (3) latar belakang perbedaan pola guru PAUD dalam memotivasi bersifat behavioristik karena penekanan pada   membaca menulis dan berhitung yang lebih terukur dan dapat diamati. Disamping itu pendekatan pembelajaran berbasis klasikal atau berbasis sentra juga berimplikasi pada tingkat dominasi guru dalam proses pembelajaran.

 

Abstract – The objectives of  any  level of education is to make students to become independent learners.  To become an independent learners children  should be supported by parents, Early Childhood Education (ECE) teacher and community. At school, the   ECE Teacher’s Pattern on Motivation in daily classroom routines form students’  habit formation. The differences of institution background between  Islamic ECE teacher and  Public ECE teacher  become a phenomenon  toward their own motivating  perspectives which has its implication to children’s way of learning. The research findings show that: (1)  Both  Islamic  ECE teacher  and the Public ECE teacher stress their teaching  on behavioral  motivation and none of them apply social cognitive nor socio cultural, though ECE public teacher more vary in applying humanistic motivation,(2) the differences of motivational pattern of the two  are also characterized by whether its class is classical based  or center based. The class with classical based is teacher oriented,  where most of  teaching is guided by teachers. On the other hand the center based class gives students more choices,  so teacher may experience any approaches needed to match the students, and (3) the motivation based on  behavioristic caused by  teaching oriented on reading, writing and counting where its fit to measure and observe learning outcomes. Besides, the pattern of motivation also influenced  by whether the class classical-based or center-based where each of them vary in  whether stressing  on teacher or on students.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors