Sosialisasi Program Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital Demi Berkembangnya Usaha Makanan dan Minuman

Jihan Fildzah, Nunung Nurhasanah

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian, dimana setiap mahasiswa mendekati akhir semester wajib melakukan kegiatan KKN. Isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga poin yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Di poin ketiga ini yang berkaitan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN dikhususkan untuk mahasiswa S1 dan wajib diikuti sebagai syarat kelulusan. Dengan mengikuti kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik.  Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Jl. Anggrek Raya RT06 RW012, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, maka terjadi interaksi positif antara mahasiswa dengan masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat mengenai cara pemasaran yang lebih modern di era digital. Pengabdian dilakukan melalui beberapa kegiatan di antaranya yaitu; pemberian kuesioner, sosialisasi, pemberian materi mengenari strategi pemasaran di era digital, pelatihan mengenai cara menggunakan platform mobile marketplace, pendampingan dalam pelatihan melalui online chat, dan yang terakhir pemberian kuesioner evaluasi. Kegiatan ini membuat perkembangan dalam pengetahuan Ibu-Ibu yang awalnya tidak bisa memanfaatkan teknologi sampai bisa mengoperasikan mobile marketplace melalui gadget.

Kata Kunci: era digital, strategi digital, strategi pemasaran


Full Text:

PDF

References


D. Fauzi and K. Zakiah. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI. J. Poltekpos, 16(1), 32–41.

J. Sulaksono. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.

S. Fadly. (2020). MEMBANGUN PEMASARAN ONLINE DAN DIGITAL BRANDING DITENGAH PANDEMI COVID-19. 5, 213–222.

S. P. Sari. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan di Era Digital. Scientific Journal of Reflection: Ekonomic, Accounting, Management Business, 3(3), 291–300.

P. Suswanto and S. D. Setiawati. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.