Pemberdayaan Ibu PKK Rawa Badak dalam Mengkolaborasikan UKM dengan Merchant Grab Food

Khairun Nissa, Bambang Eko Samiono

Abstract


PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) memiliki fungsi untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri. Di berbagai Kelurahan terdapat program gerakan PKK yang biasa terdiri dari Ibu-ibu. Ibu PKK RT 008 RW 009 di Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja, Jakarta Utara. terdapat 11 orang. Ibu PKK memiliki fungsi untuk menciptakan adanya kesejahteraan. Pada permasalahan ini Ibu PKK ingin membantu adanya peningkatan pendapatan dalam produktivitas para warga yang memiliki UKM. Permasalahan utama yang mereka hadapi yaitu: Masalah kurangnya pengetahuan Ibu PKK dalam mengenal digital marketing seperti Grab Food. Solusi yang diberikan adalah berupa Pelatihan tata cara dalam memanfaatkan Grab Food yang dikolaborasikan pada UKM bersama tim KKN agar para Ibu PKK dapat berkontribusi membantu para warga memahami pentingnya digital marketing sebagai faktor dalam peningkatan pendapatan rumah tangga di masa pandemi Covid 19. Metode pemberdayaan pelatihan dan praktek yang diimplementasikan terhadap 11 anggota Ibu PKK selama 37 hari. Hasil kegiatan ini menambah wawasan para Ibu PKK dalam meningkatkan kesejahteraan pada aspek perekonomian. Evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil positif berdasarkan survey sebesar 100% bahwa antusias Ibu PKK dapat meningkatkan pengetahuan serta juga kepuasan para pelaku UKM dalam memanfaatkan Grab Food sebagai cara meningkatkan pendapatan.

Kata kunci: Ibu PKK, Digital Marketing, Grab Food


Full Text:

PDF

References


Edosomwan, S., Prakasan, S.K., Kouame, D., Watson, J., Seymour, T., (2011). The History of SocialMedia and Its Impact on Business. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16 (3), pp. 1-13.

Martin, A., & Grudziecki, J., (2006). DigEuLit: concepts and tools for digital literacy development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, 5 (4), 1-19.

Kuzma, J., Bell, V., Logue, C., (2014). A study of the use of social media marketing in the football industry. Journal of Emerging Computing and Information Sciences, 5 (10), pp. 728-738.

Saravanakumar, M., Lakshmi, T.S., (2012). Social Media Marketing. Life Science Journal, 9 (4), pp. 4444- 4451.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

https://kabar24.bisnis.com/read/20211218/ 243/1479087/cara-daftar-jadi-merchant- gofood-grabfood-dan-shopeefood/ (diunduh pada tanggal 14 Januari 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.