Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Buku Cerita Digital Bagi Orang Tua Anak Usia Dini

Nila Fitria, Amalina Ratih Puspa

Abstract


TK Raudlatul Azhar sebagai mitra pengabdian masyarakat yang terletak di Jalan Sukarela 1 Komplek Al Azhar Rt 02 Rw 06, Kreo kecamatan Larangan kota Tangerang. Salah satu lembaga kerjasama dengan PG PAUD UAI. Mayoritas pekerjaan orang tua murid TK Raudlatul Azhar bekerja sebagai pedagang. Khususnya pedagang tekstil. Dalam hal ini keluarga harus peduli dengan Pendidikan anak. Pentingnya peran keluarga dalam keberlangsuangan anak melaksanakan pendidikan dan juga pemenuhan kebutuhan gizi bagi anak. Terkait tentang gizi anak, orang tua tidak memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak. Keterangan ini diperoleh dari salah satu Ibu guru yang menceritakan tentang “bekal” anak-anak yang dibawa ke sekolah. Anak-anak membawa nasi dan mie goreng kemasan, jajanan, minuman berwarna, dan lain sebagainya. Solusi yang diberikan adalah Penyuluhan tentang Gizi Seimbang melalui buku cerita digital. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang melalui buku cerita digital. Pengabdian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengabdian ini adalah melalui ebook orang tua dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Baik bahasa reseptif maupun bahasa ekspresif. Orang tua dapat menuliskan menu sehat yang akan disediakan kepada anak serta memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak.

Kata Kunci: Gizi, E-book, Orangtua, AUD


Full Text:

PDF

References


Flora, E., Endang, B., & Ali, M. (2016). Analisis Pemberian Makanan Bergizi pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Santa Gemma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-10.

Irhandayaningsih. (2019). Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Buku Cerita Digital Bagi Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal ANUVA: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi., 109-118.

Isni, K., & Dinni, M. (2020). Pelatihan Pengukuran Status Gizi Balita sebagai Upaya Pencegahan Stunting Sejak Dini pada ibu di Dusun Randugunting, Sleman, DIY. Jurnal Panrita Abdi, 6-68.

Izzah, L., Adzani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 62-68.

Lestari, A., & Soeprianto. (2018). E-BOOK INTERAKTIF. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 71-76.

Susilowati, E., & Rahmawati, E. Q. (2020). Pengaruh Status Gizi Terhadap Potensi Intelektual Anak Usia Sekolah Di Sdit Bina Insani Lirboyo Kediri. JUDIKA : Jurnal Nusantara Medika.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.