Pengelolaan Konten Instagram Berbahasa Inggris sebagai Sarana Promosi UMKM Grumpynurc

Lusi Lian Piantari, Thafhan Muwaffaq, Era Bawarti

Abstract


Grumpynurc merupakan UMKM yang bergerak di bidang kerajinan rajutan. Selama ini, Grumpynurc menjual produknya baik secara daring maupun luring. Promosi dan pemasaran produk secara luring dilakukan melalui penjualan langsung di bazar-bazar maupun pameran-pameran. Sedangkan penjualan secara daring dilakukan melalui penjualan daring dan media sosial.  Produk rajutan yang dihasilkan oleh Grumpynurc menarik pasar yang cukup luas tidak hanya peminat dari Indonesia tetapi juga banyak yang berasal dari negara-negara lain, termasuk para ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Situasi ini menyebabkan Grumpynurc membutuhkan sarana promosi yang dapat menjangkau berbagai kalangan peminat produknya. Kondisi pandemi, membuat Grumpynurc harus dapat memperkenalkan dan mempromosikan produknya secara daring. Oleh karena itulah kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pengelolaan dan pelatihan pembuatan konten berbahasa Inggris di Instagram UMKM Grumpynurc. Pendampingan dan pelatihan yang dilakukan adalah pelatihan fotografi dan videografi sederhana, pelatihan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam konten Instagram, pelatihan content creator, pendampingan pembuatan profil perusahaan dan katalog elektronik. Hasil yang diperoleh adalah konten yang dapat diunggah di akun Instagram mitra. Kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas dan keragaman konten dilihat dari peningkatan jumlah unggahan, pengikut akun, dan interaksi dengan viewers (pertanyaan tentang produk, tawaran mengikuti bazar/event, pembelian produk, dan pembukaan kelas rajut)

Kata kunci: Media Sosial, Pelatihan Bahasa Inggris, Instagram, UMKM, Promosi


Full Text:

PDF

References


Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. Tersedia di ukmindonesia.id

Bou-Franch, P. Analyzing Digital Discourse: New Insight and Future Directions. 2019

Danesi, M. Messages, Signs, and Meaning. A Basic Textbook in Semiotics and Communicatiom. 2004.

Husna, N.F., Azizah, S.N., Yahya, M. Penggunaan Kata dan Istilah Bahasa Inggris pada Promosi Penjualan Online di Instagram. Sukma: Jurnal Pendidikan Volume 3 (1) hlm. 203-206.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v1i1.3197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.