Pelatihan Pembuatan Poster Digital dengan Aplikasi Canva pada Siswa SD Al Fityan Tangerang

Syurmita Syurmita, Rajwa Safitri Anindya, Ade Palupi

Abstract


Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan menjadi elemen krusial untuk membekali siswa dengan kecerdasan, kreativitas, dan kemandirian. Aspek utama dalam pendekatan pendidikan modern adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital untuk mendukung pemahaman siswa dan meningkatkan minat belajar. Pelatihan pada kegiatan ini meliputi penggunaan Canva sebagai alat pembelajaran digital, yang dilanjutkan dengan pembuatan poster digital yang menggabungkan elemen visual, teks, dan gambar secara kreatif. Masalah di SD Al-Fityan mencakup ketidakmerataan pemahaman teknologi dan kreativitas siswa sehingga mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengikuti perkembangan pendidikan teknologi. Literasi digital menjadi keterampilan krusial seiring globalisasi, dan pelatihan Canva dapat menjadi salah satu solusi. Pelatihan dilakukan dalam dua tahap, yang pertama mengenalkan Canva melalui presentasi langkah-langkah pembuatan poster digital menggunakan aplikasi Canva dan kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat poster digital dengan tema Gerakan Menabung. Hasilnya mencakup peningkatan literasi digital, pemahaman Canva, dan pengembangan kreativitas siswa. Pelatihan ini, sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi kreatif, cerdas, dan mandiri untuk masa depan yang gemilang.

Kata kunci: Literasi digital, Pelatihan Canva


Full Text:

PDF

References


Wulandari, Tri., Adam, Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagau Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2, Nomor 1, E-ISSN 2807-1034 https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Efwinda, Sehlly., dkk. (2022). Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Globa Dalam Melatihkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 6, Nomor 3, ISSN 2598-6155 https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/g ervasi/article/view/4250

Fitria, Vivi. Aida., dkk. (2021). Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 1, Nomor 2, P-ISSN 2776-6608 http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ Mujtama/article/view/5050/3465

Hendaryan, R., dkk (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya. Volume 6, Nomor 1. https://jurnal.unigal.ac.id/literasi/article/view/7218/4838

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam. 8(2), https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Chairunnisa, K., & Sundi, V.H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Poster pada Siswa Kelas X SMAN 8 Tangsel. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPNM UMJ. Volume 1, Nomor 1, E-ISSN: 2714-62861 http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Melinda, T. & Saputra, E.R. (2021). Canva sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Volume 5, Nomor 2, E-ISSN 2541-0202 https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v3i1.2481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.