Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Rumah Gemilang Indonesia

Randilla Dewirani, Syachrial Putra Rifaldi, Nurul Imam Assidqi, Imam Wahyudi, Safirah Ramadhian, Siti Nurkhalifah, Suci Rahmatia

Abstract


Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu alternatif adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Pada program Pemberdayaan Masyarakat ini kami mensosialisasikan Energi Terbarukan dalam bentuk Implementasi Pemasangan Panel Surya di Rumah Gemilang Indonesia (RGI). Perencanaan pemasangan PLTS ini dipasang menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yaitu panel surya bertenaga 420 wp dengan harapan dapat difungsikan sebagai sumber tenaga listrik alternatif untuk menyediakan pasokan tenaga listrik rumah tangga.

Kata kunci: Energi terbarukan, Panel surya, Pemberdayaan Masyarakat, RGI

 


Full Text:

PDF

References


Eric Timotius, A. D. (2018). Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hybrid Pada Area Parkir Gedung Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga Dan Pengairan Kabupaten Badung. Jurnal Spektrum, 5(2), 67-73.

Evrita Lusiana Utari, I. M. (2021). Implementasi teknologi solar panel untuk pariwisata dan pengairan di tanggulangsi kulon progo. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 14(2), 109-118.

Raihan Putri, S. M. (2020). Penerapan Instalasi Panel Surya Off Grid Menuju Energi Mandiri Di Yayasan Pendidikan Islam Dayah Miftahul Jannah. Journal of Electrical Technology, 5(3), 117-120.

Susanto. (2009). Desain dan Instalasi Solar Home System 50 Wp. Bachelor Thesis. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Titik Nurhayati, S. A. (2022). Instalasi Solar Home Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif di SD IT MTA Surakarta. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, 18(1), 20-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.