Pemberdayaan Karang Taruna dalam Mengoptimalkan Pengolahan Sampah Organik dengan Maggot BSF di Desa Cikidang Sukabumi

Gayatri Atmadi, Syafitri Jumianto, Imsar Gunawan, Kun Mardiwati Rahayu, Nurul Robbi Sepang, Dewi Elfidasari

Abstract


Masalah kebersihan lingkungan merupakan masalah penting yang perlu diperhatikan semua orang baik di kota mau pun di desa. Oleh karena itu, solusi yang tepat perlu diberikan untuk menghasilkan lingkungan hidup yang bersih, nyaman dan sehat. Salah satu langkah untuk menumbuh- kembangkan kesadaran masyarakat, yaitu melalui pendidikan Karang Taruna di desa Cikidang sebagai “sasaran kegiatan” dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, rapi dan sehat. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa pihak Karang Taruna tidak memiliki pengetahuan dalam mengolah sampah organik dengan teknologi ramah lingkungan berupa Maggot BSF (black soldier fly). Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra, adalah: (1). Karang Taruna membutuhkan pengetahuan tentang pengolahan sampah organik dengan Maggot BSF. (2). Karang Taruna tidak memiliki ketrampilan tentang pengolahan sampah yang bisa memberi nilai ekonomis. (3). Karang Taruna tidak memiliki peralatan sederhana untuk budidaya Maggot. Solusi yang ditawarkan kepada mitra berupa pemberian pelatihan dan pendampingan tentang pengolahan sampah organik dengan Maggot BSF. sehingga dapat  menjadi makanan ikan dan unggas, serta pemberian peralatan sederhana untuk budidaya Maggot. Kegiatan ini memberikan hasil yang signifikan karena Karang Taruna telah mampu mengurai sampah organik dan budidaya Maggot sehingga bisa menjadi makanan ikan dan unggas yang bernilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

Kata Kunci: Black soldier fly, Maggot, Mentoring, Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Elfidasarii, D. (2018). Banana and Cassava Peel Waste Bioconversion Using Black Soldier Fly (Hermetia Illucens) Larvae. International Journal of Entomology Research, 5(4), 67-70.

Glen M. Broom, B.-L. S. (2013). Cutlip and Center’s : Effective Public Relations. Boston: Pearson.

Nefi Andriana Fajri, R. H. (2020). Biokonversi Limbah Organik Menjadi Maggot Sebagai Sumber Protein Pengganti Tepung Ikan. Jurnal Sains Teknologi & Lingkungan, 6(2).

Rizal Ula Ananta Fauzi, E. R. (2018). Analisis Usaha Budidaya Maggot sebagai Alternatif Pakan Lele. Industria : Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.