SWATHER: Sharing, Watching, and Learn Together with Terminal Pintar

Ragil Perdana sani, Fauzan Dharmawan, Dwi Putra, Zahra Ramadhani Permata Puteri, Nurlaila Nurlaila, Dinda Ayuningtyas, Paras Patonah, Zahro Usshofa, Maria Ulfa, Aby Maulana Siddik, Nunung Nurhasanah

Abstract


     Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan bukan hanya tentang kajian keilmuan akan tetapi juga memiliki nilai praktis dalam kehidupan bermasyarakat. Rumah belajar merupakan salah satu sarana pendidikan berbasis nonformal. Salah satu rumah belajar yang terdapat di Jakarta Timur adalah “Terminal Pintar”. Berdasarkan hal itu dibutuhkan kegiatan sosial guna menunjang pembelajaran anak anak di terminal pintar tersebut. Kegiatannya meliputi Movie Learning dan juga gambar kolase. Film atau movie dalam kegiatan ini dipilih berdasarkan film atau tayangan animasi yang mengandung banyak nilai-nilai yang baik terhadap perkembangan anak. Yaitu animasi yang berjudul Nusa dan Rara. Setelah menonton animasi dari Nusa dan Rara disajikan beberapa pertanyaan terkait dengan animasi tersebut. Dan menggambar kolase yang kita lakukan juga mengambil gambar dari animasi Nusa dan Rara. Yang kami nilai secara objektif dan langsung, terhadap kerapihan dan penggunaan warna. Dan didapatlah capaian dari kegiatan ini sesuai dengan yang diharapkan yaitu meningkatkan kreativitas anak-anak dan menanamkan nilai-nilai yang baik untuk perkembangan anak-anak di Terminal Pintar.

Kata kunci: Pendidikan, Movie learning, olase dan Nussa & Rara


Full Text:

PDF

References


Ade Ratna Sari Hutasuhut, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2) 1237-1246.

Aminahi, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Movie Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di MIN 4 Banjar. Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.

Chudzaifah, I. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1) 79-91.

Sigit Purnomo Adi, I. G. (2019). Pemanfaatan Kolase dengan Media Kertas dan Plastik Bekas Dalam Karya Monoprint Yang Ramah Lingkunga. Brikolase Jurnal Kajian Teori Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(1) 70-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.