Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Ecoprint pada Siswa Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia

Kun Mardiwati Rahayu, Ira Nurhayati Djarot, Syariful Syariful

Abstract


Masalah lingkungan hidup merupakan masalah global yang semakin kompleks dan serius, karenanya perlu segera dicarikan solusi alternatif guna menyelamatkan kehidupan manusia di bumi ini. Salah satu solusi yang tepat untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat yaitu melalui pendidikan. Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan kurikulum dari dua negara (Indonesia dan Arab Mesir) dan berada diwilayah hijau DKI Jakarta. Kurikulum yang diterapkan akan lebih baik bila terdapat pendidikan berwawasan lingkungan hidup yang terintegrasi dalam kokurikuler sehingga dihasilkan generasi yang memiliki wawasasan lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan. Beberapa masalah yang dijumpai di Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia antara lain: 1) Belum terintegrasinya kurikulum pendidikan yang digunakan dengan pendidikan lingkungan hidup, 2) Kurangnya pengetahuan siswa dalam memanfaatkan sumber daya alam dilingkungan sekolah (seperti pemanfaatan dedaunan dan bunga) menjadi produk kreatif, 3) belum ada siswa yang dapat mengaplikasikan ecoprinting dalam berbagai produk. Solusi yang ditawarkan adalah mengadakan penyuluhan/edukasi mengenai pelestarian lingkungan hidup dalam kegiatan kokurikuler, penyuluhan pemanfaatan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan pelatihan ecoprint untuk menghasilkan produk produk yang kreatif dan inovatif. Sasaran kegiatan ini adalah para siswa Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dengan dua metode yaitu penyuluhan mengenai pelestarian lingkungan dan pelatihan ecoprint. Hasil yang didapat adalah seluruh siswa memahami dan mampu menerapkan kegiata pelestarian lingkungan hidup dan mampu menerapkan keterampilan ecoprint dalam beragam produk. 

Kata Kunci: Ecoprint, Pendidikan, Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam Mengelola lingkungan Hidup. Jurnal Edutech, 1(1).

Mahmud, A. (2013). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Dasar Pekan Baru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

MAN 4 AL-AZHAR ASY-SYARIF INDONESIA. (n.d.). Kurikulum. Retrieved February 6, 2022, from http://man4alazharasysyarif.sch.id

Nurliana, S. W. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding bagi Guru-guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflessia Jurnal Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 19(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.