Meningkatkan Akuntabilitas Usaha Milik Desa dengan Pendampingan Praktik Pelaporan Keuangan BUMDes

Putu Prima Wulandari, Jayanti Dwi Erlina

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang ditujukan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra BUMDes Langgeng Lestari, Desa Pandangbulia, Kabupaten Singaraja, Bali belum adanya pengelolaan keuangan BUMDes dengan baik, sehingga menyebabkan belum optimalnya tata kelola BUMDes yang ada di Desa baik secara administrasi keuangan maupun pengaggaran, padahal penganggaran untuk sebuah usaha yang dikelola sangat dibutuhkan. Berdasarkan permasalah tersebut, maka kegiatan pengabdian masyarakat dimaksudkan sebagai pelatihan dan pendampingan untuk memahami serta menyusun pelaporan keuangan. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan ini, diperoleh skor 5 dari 5 untuk kepuasan terhadap materi yang dibawakan, skor 5 dari 5 untuk kepuasan terhadap pemateri, dan skor 5 dari 5 untuk kepuasan terhadap jalannya acara yang meliputi waktu, tempat, dan lainnya. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat, peserta merasa memperoleh ilmu dan pengalaman baru terutama mengenai penyusunan laporan keuangan BUMDES serta menyarankan agar penyajian materi disertai contoh laporan sehingga lebih mudah untuk dipahami. 

Kata Kunci: Akuntabilitas, BUMDes, Praktik pelaporan keuangan BUMDes


Full Text:

PDF

References


Furqani, A. (2010). Pengelolaan Keuangan Desa dalam Mewujudkan Good Governance (Studi pada Pemerintahan Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep). Retrieved from (Tesis Magister, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Indonesia): https://adoc.pub/pengelolaan-keuangan-desa-dalam-mewujudkan-good-governance-s.html

Rahardjo, A. (2013). mbangunan Perdesaan: Pendekatan Partisipatif, Tipologi, Strategi, Konsep Desa Pusat Pertumbuhan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujarweni, V. W. (2015). Akuntansi Desa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Taudlikhul Afkar, R. B. (2018). Upaya Peningkatan Penghasilan UKM dengan Tertib Administrasi Keuangan Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(3), 351–357.

Taudlikhul, A. (2016). Penganggaran Bisnis. Surabaya: Adi Buana University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.