Perbandingan Strategi Diplomasi Budaya Hallyu, Cool Japan, dan Neo-Ottomanisme di Indonesia
Abstract
Penelitian ini membahas dinamika soft power dengan fokus pada perbandingan antara strategi diplomasi budaya Turki melalui Neo-Ottomanisme, Korea Selatan melalui Hallyu (Korean Wave), dan Jepang melalui Cool Japan. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan studi perbandingan sedikit negara dengan analisis literatur yang berkaitan dengan tren budaya populer asing di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diplomasi budaya Hallyu Korea dan Cool Japan lebih mudah diterima masyarakat Indonesia dengan dipengaruhi oleh konsistensi branding budaya yang lebih bervariasi, penetrasi media populer, kedekatan regional sebagai sesama bangsa Asia, serta aktivitas kedua budaya tersebut di masyarakat Indonesia termasuk di perguruan tinggi. Sebaliknya, Neo-Ottomanisme belum mampu membentuk citra budaya yang kuat di benak publik Indonesia dibandingkan dengan kedua strategi dari diplomasi budaya Hallyu Korea dan Cool Japan karena titik mulai diplomasi Neo-Ottomanisme masih terbilang baru meskipun adanya kedekatan historis Turki Utsmaniyah dengan Aceh dan solidaritas dengan masyarakat Indonesia sebagai sama-sama negara dengan mayoritas muslim di dalamnya.
Kata kunci: Cool Japan, diplomasi budaya, Hallyu, Neo Ottomanisme, soft power
Full Text:
PDFReferences
Academy, G. (2024, November 19). K-Drama dan K-Pop: Sumber Inspirasi untuk Belajar Bahasa Korea - Bootcamp Standar Internasional Korea Selatan. Green Academy | Desain, IT dan Bahasa Korea. https://greenacademy.co.id/kdrama-dan-kpop-sumber-belajar-bahasa-korea/#:~:text=K%2DDrama%20memberikan%20kesempatan%20untuk,yang%20diberikan%20dalam%20drama%20ini.&text=Selain%20itu%2C%20K%2DDrama%20juga,dan%20budaya%20yang%20kaya%20ini.
Alam, S., dan, & Nyarimun, A. J. (2017). Musik K-Pop Sebagai Alat Diplomasi dalam Soft Power Korea Selatan. In Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Satya Negara Indonesia, International & Diplomacy (Vols. 3–3, Issue 1, pp. 75–77). https://jurnalhiusni.org/index.php/idu/article/view/176/52
Alfarisy, F, et all. (2021). The Phenomenon That Influenced The Development of Cool Japan in Indonesia. Journal of Social Research. Vol 1, No. 1, pp. 9 - 12
Anandoko, K. (2024, June 23). Dinamika Pasar Animerch: Tren dan Peluang di Indonesia. retizen.id. https://retizen.republika.co.id/posts/315169/dinamika-pasar-animerch-tren-dan-peluang-di-indonesia
Anggi. (2024, April 29). 8 Restoran Jepang di Purwokerto yang Murah dan Menu Lengkap. Gavriel. https://gavriel-rentcar.com/8-restoran-jepang-di-purwokerto-yang-murah-dan-menu-lengkap/
Arfina, K. S., Meidi, S. N. H., Sari, W., Yuli, W., & Nugraha, R. G. (2022). Pengaruh Masuknya Budaya Asing terhadap Nilai-nilai Pancasila pada Era Milenial. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), doi https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2945
Auliawan, A. G., Ratna, M. P., & Diponegoro University. (2024). Strategi Cool Japan yang Baru untuk Menyelamatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Citra Populer Jepang di Era Digital. Kiryoku, 8(2), 590–604. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku
Azhari, D. P. M. & Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Komputer Indonesia. (2024). Diplomasi Budaya Jepang Melalui Strategi Cool Japan di Indonesia. Global Political Studies Journal, 8, 152–154. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/gps
BTS shine spotlight on the United Nations as Envoys of the President of the Republic of Korea | UN Office for Partnerships. (n.d.). UN Office for Partnerships. https://unpartnerships.un.org/videos/bts-shine-spotlight-united-nations-envoys
Budiman, N. L., Bahfiarti, T., & Indrayanti. (2024). Diplomasi Budaya Multitrack: Peran Korean Cultural Center Indonesia Dalam Menyebarluaskan Budaya Korea di Indonesia. Jurnal TransBorders: International Relations Journal, 8(1), doi https://doi.org/10.23969/transborders.v8i1.19472
Cinde, M. (2024, August 12). Gelar Jepang UI ke-30, Pesta Budaya Jepang di Jantung Depok. RRI. https://rri.co.id/hiburan/896094/gelar-jepang-ui-ke-30-pesta-budaya-jepang-di-jantung-depok
Creswell, John. W. (2013). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Approaches. Wongshington DC: Sage Publication.
Danurtia, S., 1, Setiawan, A., 2, & Universitas Muhammadiyah Jakarta. (2023). Pengaruh Diplomasi Budaya Jepang di Indonesia Melalui Japan Cultural Weeks 2021. In JSL Jurnal Social Logica: Vol. Vol.3 (Issue No.2, p. 1) [Journal-article]. Retrieved May 23, 2025, from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/download/844/824/2408
Derico, D. V. (2025, February 6). Serasa di Korea! 5 Drakor Ini Bikin Kamu Mengenal Budaya Korea Lebih Dekat. VIVA. https://banyuwangi.viva.co.id/gaya-hidup/20733-serasa-di-korea-5-drakor-ini-bikin-kamu-mengenal-budaya-korea-lebih-dekat?page=all
Deveci, M., & Azzam, M. A. (2022, December 14). Lembaga Turkiye buka cabang di Jakarta untuk promosikan budaya dan bahasa. Anadolu Agency. https://www.aa.com.tr/id/budaya/lembaga-promosi-budaya-dan-bahasa-turkiye-buka-cabang-di-jakarta-/2763468#
Dewanti, H. (2021). Pengaruh Cool Japan Terhadap Hubungan Diplomasi Budaya Jepang - Indonesia pada Masa Pemerintahan Joko Widodo Tahun 2014-2019. Repository Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved May 23, 2025, from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22902
Ergin, M., & Karakaya, Y. (2017). Between neo-Ottomanism and Ottomania: Navigating state-led and popular cultural representations of the past. In New Perspectives on Turkey (Vol. 56, pp. 33–59). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/npt.2017.4
Fatimah. (2025, March 19). 7 Kota di Jepang yang Sering Dijadikan Lokasi Syuting Film dan Drama. CETTA. https://cetta.id/updates/fun-facts/kota-di-jepang-sering-jadi-tempat-syuting-film/?srsltid=AfmBOoqxu0SPWgsn4Ql92V55cIGmtPVJ1T8JOd5L77bAuq_uONDOd9cU
Fauzi, H. (2025, May 5). Terima Dubes Turki, Menag Bahas Kerja Sama Bidang Agama, Budaya, hingga Pendidikan. Kemenag. https://kemenag.go.id/internasional/terima-dubes-turki-menag-bahas-kerja-sama-bidang-agama-budaya-hingga-pendidikan-Hi38z
Hadi, F. (2022, December 15). UIN Syarif Hidayatullah Gelar Simposium Internasional Hubungan Diplomasi Budaya Indonesia-Turki. Warta Kota. https://wartakota.tribunnews.com/2022/12/15/uin-syarif-hidayatullah-gelar-simposium-internasional-hubungan-diplomasi-budaya-indonesia-turki
Hasyim, M. M. Al. (2021). Pola kebangkitan Neo Ottomanisme di Indonesia Tesis Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Sains. [Thesis]. Depok: Universitas Indonesia
Humaera, L., Indani, Faudiah, N., Mahyiddin, Z., & Suhairi, L. (2024). Daya Tarik Remaja Terhadap Kuliner Asing pada Era Modern. https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i4.32307
Inak, A. (2022, February 16). 15 Selebritas Korea yang Jadi Brand Ambassador Produk Lokal Indonesia. Kumparan. https://kumparan.com/kumparank-pop/15-selebritas-korea-yang-jadi-brand-ambassador-produk-lokal-indonesia-1xW5KMe0Trw/3
Invest.Gov.Tr. (2023). Tourism Sector in Turkiye. Invest.Gov.Tr. https://www.invest.gov.tr/en/sectors/pages/tourism.aspx
Islam, N, M. (2023). Power of Bonding and Non-Western Soft Power Strategy in Iran: Comparing China and India’s Engagement. Springer Nature.
Itoenadmin. (2024, October 30). Mengapa Cosplay Menjadi Bagian Tak Terpisahkan dari Budaya Anime dan Manga. ITO EN. Retrieved May 23, 2025, from https://itoen-ultrajaya.co.id/id/tren-cosplay-penggemar-anime-2/
Japan Foundation. (2018). Diplomasi budaya Jepang melalui Japan Film Festival. In Japan Film Festival. UMY Repository. Retrieved May 23, 2025, from https://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/29657/(07)%20Bab%20III.pdf?sequence=8&isAllowed=y
Khanz, A. H. & Nusantara Strategic House. (2017). Strategi Cool Japan Indonesia di Sektor Hiburan. In Jurnal Interdependence (Vols. 5–5, Issue 2, pp. 65–75).
Kresna Putri, D. S., Dra. & Japan Foundation. (2024). Japanese Film Festival (JFF) sebagai Media Diplomasi Budaya Jepang di Indonesia oleh Japan Foundation. In S. D. Khoiriati M. A., Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/
Kumalaningrum, W. S. (2021). Strategi diplomasi publik Pemerintah Korea Selatan terhadap Indonesia melalui Hallyu. Indonesia Berdaya, 2(2), 141-148.
Kumoro, B., Sari, M. I., Samudra, T., & Jayadi, A. (2022). South Korea in the Perspective of Millennial Generation: Survey Evidence in Bandung.Jakarta: The Habibi Center
Liany, F. D. P. (2013). K-Drama dan Perkembangan Budaya Populer Korea di Indonesia: Kajian Historis pada K-Drama sebagai Budaya Populer di Indonesia Tahun 2002-2013. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/17475/k-drama-dan-perkembangan-budaya-populer-korea-di-indonesia-kajian-historis-pada-k-drama-sebagai-budaya-populer-di-indonesia-tahun-2002-2013.html
Lupitasari, E. S., Nurlaela, L., Suhartiningsih, Miranti, M. G., & Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya. (2020). Pengaruh Korean Wave dan Makanan Korea Pada Masyarakat Kota Madiun. In Jurnal Tata Boga (p. 785) [Journal-article]. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/
Mappeaty, A. F., 4514023020. (2018). Implementasi Japanese Film Festival sebagai Media Diplomasi Budaya terhadap Jepang - Indonesia. Universitas Bosowa. https://repositori.unibos.ac.id/server/api/core/bitstreams/2452ba61-02df-4b72-81c9-34568832e0b2/content
Masrifah, A. (2022, February 27). Suka Ramen? Ini 8 Anime yang Pasti Cocok buat Kamu! SINDOnews Lifestyle. https://lifestyle.sindonews.com/read/698041/700/suka-ramen-ini-8-anime-yang-pasti-cocok-buat-kamu-1645912953?showpage=all
Meidiana, C., Ashari, M., & Irfan, A. (2023). Ancaman Budaya Asing terhadap Identitas Nasional Bangsa Indonesia. Ganesha Civic Education Journal, 5(1), 49–54. https://doi.org/10.23887/gancej.v5i1.4895
Muhammadan, I. (2020, August 13). Mengenal Jurusan Bahasa Korea di Unas, Pertama di Indonesia Untuk Universitas Swasta. Unasnews.
Nanien, Y. (2020, December 28). Korea Corner berkonsep “Hanok” dibuka di Universitas Nasional. https://www.antaranews.com/berita/1917068/korea-corner-berkonsep-hanok-dibuka-di-universitas-nasional
P, K. H. (2020). Cool Japan Sebagai Strategi Dalam Mendukung Ekspor Produk Kreatif Jepang di Amerika Serikat. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/198146#:~:text=Cool%20Japan%20adalah%20sebuah%20strategi,baik%20secara%20domestik%20maupun%20internasional
Patra, B. H. (2022). Diplomasi Budaya Jepang terhadap Indonesia Melalui The Japan Foundation Tahun 2019-2020. In 31 | Global Mind (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.53675/jgm.v4i1.390
Pemkot Surabaya. (2023, July 16). 25 Tahun Sister City Surabaya dan Kochi-Jepang Pererat Kerjasama Bidang Budaya dan Ekonomi. www.Surabaya.Go.Id.
Perdana, D. (2017, July 12). Mengaktifkan Kembali Sister City dengan Turki yang Hampir Terlupakan. Suara Surabaya. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2017/Mengaktifkan-Kembali-Sister-City-dengan-Turki-yang-Hampir-Terlupakan/
Prabowo, N. A. (2014). Cosplay Sebagai Sarana Rekreasi Bagi Cosplayer Komunitas Cosura yang Telah Menikah. In Japanology Vol. 2, Issue 2 www.tnp.sg
Pradana, W. N. & Airlangga University. (2023). Cool Japan Policy Sebagai Strategi Diplomasi Jepang Dalam Menyebarkan Budayanya di Indonesia. In Article. https://www.researchgate.net/publication/375342373
Putri, I. P., Liany, F. D. P., Nuraeni, R., & Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia [Journal-article]. ProTVF, 1–1, 68–80. http://jurnal.unpad.ac.id/protvf
Rafdinal, W., Juniarti, C., & Ica Ardianti. (2023). Perkembangan Hallyu di Indonesia: Pemasaran Budaya Korea Selatan Melalui K-Drama dan K-Pop (By Tim Dewa Publishing; Achmad Wahdi, Ed.). CV. Dewa Publishing. https://www.researchgate.net/publication/377921541
Ramyeon, dari K-drama ke Kuliner Kekinian Masyarakat Indonesia. (2024, October 30). Creative Digital Communication. https://international.binus.ac.id/communications/2024/10/30/ramyeon-dari-k-drama-ke-kuliner-kekinian-masyarakat-indonesia/
Rizaldi, M. R., Haryati, V. W., Wibowo, A. A., & Febriandi, P. P. (2024). Analisis Kerja Sama Budaya dalam Program Sister City Yogyakarta-Kyoto 2016-2021 (Vol. 1, Issue 2). Doi doi: http://dx.doi.org/10.36722/mondial.v1i2.2897
Rudiawan, S. A. (2022). Diplomasi Kebudayaan Jepang di Indonesia melalui Japan Cultural Weeks 2021 oleh Japan Foundation Jakarta. Jurnal Hubungan Internasional, 15(2), 381–397. https://doi.org/10.20473/jhi.v15i2.36293
Rulita, A. (2024, July 16). K-Pop Sebagai “Lagu Healing” bagi Kesehatan Remaja ? - BINUS @Bekasi - Kampus Beken Asyik | Business Service and Technology. BINUS @Bekasi - Kampus Beken Asyik | Business Service and Technology. Retrieved May 23, 2025, from https://binus.ac.id/bekasi/2024/07/k-pop-sebagai-lagu-healing-bagi-kesehatan-remaja-2/#:~:text=Salah%20satu%20alasan%20utama%20mengapa,sebagai%20sumber%20hiburan%20yang%20menyenangkan.
Sari, V. N. I. (2022, November 21). Penerapan Standar Kecantikan Korea Terhadap Wanita Indonesia Halaman all - Kompasiana.com. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/vivinurindahsari/637ba11908a8b542237ab4a2/penerapan-standar-kecantikan-korea-terhadap-wanita-indonesia?page=all&page_images=2
Seon Ah, K. (2024, March 24). 1/3 of foreign tourists last year aged 30 or below due to Hallyu. Korea.Net. https://www.korea.net/NewsFocus/Society/view?articleId=248031
Setelah satu dasawarsa, Ennichisai mengucapkan selamat tinggal kepada Blok M. (2019, June 30). Nippon Club. https://student-activity.binus.ac.id/nc/2019/06/30/setelah-satu-dasawarsa-ennichisai-mengucapkan-selamat-tinggal-kepada-blok-m/
Sianipar, B. (2025). Masa depan anime: tren dan inovasi. In rri.co.id. Retrieved May 1, 2025, from https://rri.co.id/hiburan/1482608/masa-depan-anime-tren-dan-inovasi
Titing Reza Fahrisa (2022) Exports Driven by Hallyu Increasing South Korea’s Economic Growth – Cultural Diplomacy Approach, International Journal of Developing and Emerging Economies, Vol.10, No.3, pp.23-37
Tourism.JPN. (2025, April 15). Japan-bound Statistics: Overseas Residents’ Visits to Japan. Tourism.JPN.
Turmidzi, D. (2025, January 25). 4 Rekomendasi Tempat Makan Bertema Korea di Purwokerto. IDN Times. https://jateng.idntimes.com/travel/destination/4-rekomendasi-tempat-makan-bertema-korea-di-purwokerto-c1c2-01-3p3z7-l0z8sk
Vidgor, N. (2021). BTS took center stage at the U.N. over one million fans watched live. In The New York Times. Retrieved May 1, 2025, from https://www.nytimes.com/2021/09/20/world/asia/bts-un-performance.html#:~:text=BTS%20Took%20Center%20Stage%20at,headquarters%20in%20New%20York.
Wulandari, A. E., Konety, N., & Nidatya, N. (2024). Representasi Unsur Kebudayaan Jepang pada Era Taisho dalam Anime Kimetsu no Yaiba. Jurnal Sakura : Sastra, Bahasa, Kebudayaan Dan Pranata Jepang, 6(2), 248. https://doi.org/10.24843/js.2024.v06.i02.p11
Yavuz, M. H. (2020). Nostalgia for the empire : the politics of neo-Ottomanism. Oxford University Press.
Yowandika, G. R. (2022). Upaya Diplomasi Publik Jepang Melalui Anime dengan Menggunakan Strategi Cool Japan terhadap Indonesia tahun 2002-2017. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/40485/18323029.pdf?sequence=1&isAllowed=y
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v6i3.4182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110









