Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial,

Ketentuan Umum

Naskah artikel yang sudah memenuhi petunjuk penulisan (gaya selingkung) Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial dapat dikirim secara online melalui https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JAISS/about/submissions#onlineSubmissions. Naskah manuskrip yang tidak sesuai dengan petunjuk penulisan Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial akan dikembalikan ke penulis terlebih dahulu sebelum dilanjutkan untuk proses review dan penyuntingan. Jumlah halaman maksimum adalah 15 halaman termasuk gambar (gambar sebaiknya beresolusi tinggi) dan tabel. Artikel ditulis menggnakan format 1 kolom untuk judul sampai dengan abstrak dan 2 kolom untuk pendahuluan sampai dengan referensi. Artikel ditulis pada kertas dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm), dan margins normal. Naskah ditulis dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 11 pt (kecuali judul artikel dan nama penulis) dan jarak spasi 1, format Ms. Word.

Isi Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan diuraikan; (a) latar belakang umum kajian, (b) state of the art (kajian review literatur singkat) penelitian - penelitian sebelumnya yang mirip dengan tema, untuk menjustifikasi novelty artikel ini, (c) gap analisis atau pernyataan kesenjangan dn kebaruan (novelty statment), beda unik dengan penelitian sebelumnya, (d) permasalahan dan/atau hipotesis jika ada, (e) cara pendekatan penyelesaian masalah (jika ada), (f) hasil diharapkan atau tujuan penelitian dalam artikel.

Penulisan rujukan

Rujukan atau sitasi ditulis didalam uraian atau teks dibagian akhir kalimat dengan cara menulis dalam kurung nama penulis, dan tahun, misalnya: (Widyawati, 2003). Jika penulis lebih dari dua maka hanya ditulis nama penulis pertama diikuti "dkk" atau "et all" (Widyawati dkk, 2003). Semua sumber yang dirujuk dalam teks dicantumkan dalam referensi, begitu sebaiknya semua yang ditulis dalam referensi harus dirujuk dalam teks artikel.

Isi Metode Penelitian 

Tata kerja peneltian ditulis secara jelas sehingga percobaan atau peneltian tersebut dapat diulang dengan hasil yang sama. Berisi rancangan desain/prosedur peneltian, populasi dan sampel/sumber data, teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen, teknik analisis data. Pemaparan dilakukan secara naratif dalam bentuk alenia terpadu.

Isi Hasil dan Pembahasan

Memuat uraian: (a) data yang disajikan telah diolah dituangkan dalam tabel dan atau gambar, beri keterangan yang mudah dipahami, (b) pada bagian pembahasan diuraikan adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis, (c) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain, (d) juga disarankan dituliskan tentang implikasi hasil peneltian baik teoritis maupun penerapan.

Isi Kesimpulan

Uraian secara singkat dan jelas tentang: (a) cukup menjawab permasalahan atau tujuan peneltian (jangan membahas lagi); (b) merupakan simpulan dari penulisan dari penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh; (c) boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib). Sebaiknyad ditulis dalam bentuk paragraph, bukan dalam bentuk item list/numbering. Jika terpaksa ada item list/numbering, tetap dalam bentuk paragraph.

Penulisan Referensi

Sistem yang digunakan oleh Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial adalah format APA 6” (American Psychology Association). (a) ditulis secara benar sesuai dengan contoh penulisan daftar pustaka jurnal dibawah ini. Format baku sesuai standar bibliography, jangan campur aduk; (b) kemutakhriran pustaka rujuakn terutama yang dipakai untuk menjustifikasi orisinalitas atau novelty (10 tahun terakhir), dianjurkan kurang lebih 10 buah pustaka rujukan jurnal dalam kurun waktu 5-10 tahun terakhir; (c) keprimeran literatur pustaka rujukan (minimum 80% dari literature primer). Yang termasuk “literature primer” adalah: artikel jurnal; artikel prosiding; buku/bab buku hasil penelitian; skripsi/thesis/disertasi; dan lain-lain yang bersifat primer. (d) sebaiknya memakai aplikasi reference manager seperti Mendeley, Zootero, EndNote, dan sebagainya. 

 

Petunjuk Submit Secara Online

  1. Pengiriman naskah manuskrip sebaiknya dilakukan secara Online Submission System di portal E-Journal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial (jurnal.uai.ac.id/JAISS). Pertama penulis mendaftarkan diri sebagai penulis (mencentang role sebagai Author) di bagian “Register” dengan link https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JAISS/user/register. Setelah penulis log in sebagai Author klik pada “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) “Start”, (2). “Upload Submission”, (3). “Enter Metadata”, (4) “Upload Supplementary Files”, dan (5) “Confirmation”.
  2. Di bagian “Start”, pilih “Jurnal Section (Full Article)”, centang semua ceklist. Di bagian “Upload Submission”, silahkan unggah file manuskrip artikel dalam Ms. Word di bagian ini. Di bagian “Enter Metadata”, masukkan data diri lengkap penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul abstrak, dan indexing keyword. Di bagian “Upload Supplementary Files”’ diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya. Di bagian “Confirmation”, silahkan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.
  3. Jika penulis kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui system online, naskah manuskrip dapat menghubungi Tim IT pengelola jurnal melaui email jurnal.alazhar.sosial@gmail.com

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.