MENGENAL MODEL PAUD BEYOND CENTRE AND CIRCLE TIME (BCCT) UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Abstract
Abstract
This article discusses the BCCT learning model or known as the Sentra model that describes the history, shortcomings and advantages, main characteristics, principles, and objectives of this BCCT / Sentra model. This article was created considering the importance of learning models in the implementation of early childhood education, so that it is expected to expand knowledge, especially educators as parties who have an important role in the implementation of education for early childhood. This research uses this type of qualitative research by referring to descriptive analysis from a variety of relevant sources. The type of study used is literature study by collecting information from books, journals, article discussions and others. The results of this study found that the learning model that is suitable for use in early childhood education in Indonesia is the BCCT / Sentra learning model, because it does not require much equipment, but children's intelligence can still be optimized.
Abstrak
Artikel ini membahas mengenai model pembel ajaran BCCT atau dikenal dengan model Sentra yang memaparkan sejarah, kekurangan dan kelebihan, ciri utama, prinsip-prinsip, serta tujuan dari model BCCT/ Sentra ini. Artikel ini dibuat mengingat pentingnya model pembelajaran dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini, sehingga diharapkan dapat memperluas pengetahuan khususnya para pendidik sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan merujuk pada penganalisisan deskriptif dari berbagai sumber yang relevan. Jenis studi yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan mengumpulkan informasi dari buku, jurnal, pembahasan artikel dan lainnya. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pendidikan anak usia dini di Indonesia adalah Model pembelajaran BCCT/ Sentra, karena tidak memerlukan peralatan banyak, namun kecerdasan anak tetap bisa dioptimalkan.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, E. S. (2020). Penanaman nilai karakter anak usia dini pada model pembelajaran BCCT (beyond centers and circle time) di TK Pembina Sukaramai, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Baharat. Jurnal Usia Dini, 6(2), 20-27.
Aryanti, N. M. W., Suarni, N. K., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan model pembelajaran BCCT (beyond center and circle time) berbantuan media benda sederhana untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
Fitriah, W. (2020). Implementasi model bcct (beyond center and circle time dalam pendidikan anak usia dini di paud dori way kanan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hijriati, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 74-92.
Martuti, A. (2009). Mendirikan dan Mengelola PAUD Manajemen Administrasi Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1), 1-8.
Romini, R. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian and Leadership, 2(2), 219-234.
Rusmawati, N. (2009). Pelaksanaan pembelajaran pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di Pusat Paud Firdaus International Preschool Banjarnegara (Doctoral dissertation. UNS (Sebelas Maret University).
Saputri, E. E. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Siron, Y. (2019). Kendala guru paud mengembangkan sentra membaca dan menulis (studi kasus di Jakarta Timur2018). Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 142-150.
Sujiono, Y.N. Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak di sertai langkah pengembangan program kegiatan bermain di kelompok bermain, taman kanak-kanak, dan pos PAUD. Jakarta: INDEKS.
Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Wahyuningsih, D. (2020). Model pembelajaran BCCT bagi anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangan. Dunia anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 58-69.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110