PENGGUNAAN FLASH CARD UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA ANAK 5 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA

febry hidayatul umamiah, Norma Diana Fitri, Indaria Tri Hariyani

Abstract


Salah satu komponen perkembangan bahasa adalah kemampuan membaca dan mengenal huruf-huruf abjad dari A sampai Z. Kemampuan membaca anak memerlukan stimulus yang tepat agar dapat mengembangkan kemampuan membaca sesuai dengan usianya.Media flashcard merupakan salah satu media untuk mengembangkan kemampuan membaca. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan flashcard untuk kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan walimurid TK A dengan jumlah 1 guru TK A, 5 siswa TK A, dan 1 Wali murid di TK Az-Zahra Klumprik Surabaya, jadi seluruh subjek ada 7 orang. Teknik penentuan subjek pada penelitian ini adalah purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara untuk validasi data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media flashcard mampu mengembangkan kemampuan membaca anak melalui metode bercerita dengan bantuan gambar dan huruf dari alfabet A-Z. Media flashcard dapat membuat anak tertarik, mudah mengingat kosakata baru, mampu menyebutkan bentuk dan bunyi huruf, melatih keterampilan mendengarkan, dan merangsang anak untuk berpikir serta kemudian membuat anak dapat mengeluarkan imajinasinya.Jadi kesimpulannya penggunaan media flashcard mampu mengembangkan kemampuan membaca anak usia 5 tahun di TK Az-Zahra Klumprik Surabayadengan metode bercerita

Full Text:

PDF

References


Anam, S. (2007). Taman yang paling indah. Solo: Wangsa Jatra Lestari.

Anonim. (2008). Pengembangan ketrampilan bahasa anak usia pra sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Augusta. (2012). Pengertian anak usia dini. [online]. http://infoini.com/pengertian-anak-usia-dini. Diakses, 15 Agustus 2021

Bachtiar, B. (2005). Pengembangan kegiatan bercerita di taman kanak-kanak, teknik dan prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dhieni, N., Dkk. (2011). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Univertitas Terbuka.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dryden, G. & Vos, J. (2001). Revolusi cara belajar the learning revolution. Bandung: Mizan Media Utama,

Hartono, A., & Sunarto (2013). Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press

Makrifah, S.N. (2014). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di sekolah dasar. (Abstrak). Jurnal PGSD, 2(3).

Maryanto, R.I.P. & Chrismastianto, I.A.W. (2017). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan pengenalan bentuk huruf siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ABC Manado. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 305-313.

DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.12073

Miles, B. M., & Hubberman, M. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.

Rahayu, N.S. (2018). Artikel pengembangan media flashcard plus berbasis Know Want To Know Learned (KWL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Kencong. Jurnal Simki Pedagogia, 2(3).

Septi Ratna Sari. (2017). Penerapan metode bercerita terhadap perkembangan sosial emosional anak di PAUD Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti, A., dkk (2010). Perkembangan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wahana Prima.

Sugiarsih, S. (2021). Artikel berbicara pendekatan pengalaman berbahasa. (Https://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Septia_sugiarsi h, S.Pd. Artikel-Berbicara-Pendekatan-Pengalaman-Berbahasa. Diakses 29 November 2021 jam 02:45 WIB).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarto dan Hartono. (2013). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Depdikbud.

Wati, P.R. (2021). Pengaruh media flashcard terhadap penguasaan pembelajaran Al qur’an hadits siswa kelas I MI Brawijaya I Trowulan. Proceedings. The Annual Conference on Islamic Education. 5(1), 256-265.

Windura, S. (2010). Mind map langkah demi langkah. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110