PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN KONSUMSI MAKANAN SEHAT DI DANDELION DAYCARE PLUS DEPOK

Via Amalia, Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Kesehatan penting bagi perkembang dan pertumbuhan anak yang dipengaruhi oleh makanan yang anak konsumsi. Pertumbuhan dan perkembangan anak saat usia dini mempengaruhi tumbuh kembang anak sampai dewasa. Namun, kurangnya minat anak dalam konsumsi makanan sehat karena anak mulai pilih – pilih makan yang anak inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan dalam membiasakan anak konsumsi makan makanan sehat di TPA Dandelion Daycare Plus Depok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubermen melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiasaan mengkonsumsi makanan sehat, Dandelion daycare menggunakan kegiatan pembiasaan harian, metode mini garden, fun cooking, dan fieldtrip dengan media yang digunakan APE, papan tulis menu, peralatan fun cooking, media garden beserta peralatan berkebun,serta melakukan evaluasi setiap hari yang dilakukan antara educare dan orangtua melalui buku komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Amaros, Y., & Rohita, R. (2018). Peran kegiatan fun cooking dalam kemampuan sosial emosional dan bahasa anak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(4), 256-264.

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Dewi, A. (2019). Evaluasi program fun cooking di ar-raudah play group & kindergarten Bandar Lampung. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol. 9 Edisi 2.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawaty, M. (2018). Improving Beginning Reading Skill Through Mini Garden. Education and Humanities Research, Vol. 212.

Saputri, M.P., Supriyono, M. (2015). Efektivitas variasi makanan terhadap peningkatan nafsu makan anak usia prasekolah di kelurahan kuningan semarang utara. Karya Ilmiah: STIKES Telogorejo Semarang.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Wardani, R. (2019). Pengenalan sains kehidupan melalui sentra berkebun untuk anak usia dini di TK Anak Cerdas Ungaran. Skripsi: UNNES.

Wardlaw, G.M., Smith, A.M. 2013.

Contemporary nutrition (ninth edition).

Yati, P. (2016). pendidikan karakter anak usia dini melalui meotde pembelajaran field trip. Jurnal Lentera, Vol. XVIII, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110