PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL MELALUI MODIFIKASI BENTUK PERMAINAN CONGKLAK
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astriyanah. (2015). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain peran. Jakarta.
Beaty, J. J. (2008). Preschool aprropriate practices. USA: Delmar Cengage Learning.
Charlesworth, R. (2012). Experiences in math for young children. Sixth Edition. USA: Wadsworth.
Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Direktorat Permuseuman. (1998). Permainan tradisional indonesia. Indonesia.
Dodge, D.T. (2002). The creative curriculum for preschool. USA; Teaching Strategies.
Ellis, A.K. (2001). Teaching, learning and assesment together: the reflective classroom. New York: Eye On Education.
Expat Web Site Association. Congklak: A Tradisional Games of Indonesia. Diakses dari http://www.expat.or.id/info/congklak.html pada tanggal 10 Oktiber 2019 pukul 20.30
Fad, A. (2014). Kumpulan permainan anak tradisional indonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif.
Feldman, J.R. (1991). A survival guide for the preschool teacher. USA: The Center For Applied Research in Education.
Hurlock, E.. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kurniati, E (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kunandar. (2009). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Berk, L.E. (2006). Children development. USA: Pearson Education.
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan permainan. Penerbit Kencana: Jakarta.
Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah (classroom action research). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Papalia, D.E., et, al. (2008). Human development. psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.137 Tahun 2014, Jakarta: Direktorat PAUD.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.
Robbins, S.P., Judge, T.A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Tipps, S., et.al. (2011). Guiding children’s learning of mathematics. USA: Wadsworth.
Walker, D.G. (2014). A book of historic board games. United States: Lulu Press, Inc.
Wortham, S.C. (2005). Assesment in early childhood education. New Jersey: Pearson Education.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Jakarta: Grasindo.
Sukidin, dkk. (2010). Manajemen penelitian tindakan kelas. Banten: Insan Cendikia.
Suroso. (2009). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pararaton.
Smith, S.S. (2009). Early childhood mathematics. USA: Person Education.
Suyadi. (2011). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Medan: Perdana Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110