PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL MELALUI MODIFIKASI BENTUK PERMAINAN CONGKLAK

Vira Muthia Humairo, Zahrina Amelia

Abstract


Perkembangan kognitif merupakan aspek yang penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir anak, salah satunya yaitu mengenal konsep lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1 – 10 melalui permainan modifikasi congklak pada anak usia 5 - 6 tahun di RA/TK Islam Amali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan selama 2 siklus, di mana satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi kemampuan anak dalam mengenal konsep lambang bilangan 1 – 10, aktivitas guru dan anak serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan perhitungan statistika sederhana.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1 – 10 melalui permainan pohon hitung. Hal ini diketahui dari rata-rata anak yang mendapat skor 3 pada setiap indikator yaitu indikator membilang 1 – 10 siklus I sebesar 69.1% dan siklus II sebesar 100% artinya terdapat peningkatan sebesar 30.9%. Pada indikator menghubungkan benda-benda konkret dengan lambang bilangan 1 – 10 siklus I sebesar 55.4% dan siklus II sebesar 77,6% artinya terdapat peningkatan sebesar 22.2% dan pada indikator mengurutkan lambang bilangan 1 – 10 siklus I 44.7% dan siklus II sebesar 77.6% artinya terdapat peningkatan sebesar 32.9%. Pencapaian di siklus II sudah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%.

Full Text:

PDF

References


Astriyanah. (2015). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain peran. Jakarta.

Beaty, J. J. (2008). Preschool aprropriate practices. USA: Delmar Cengage Learning.

Charlesworth, R. (2012). Experiences in math for young children. Sixth Edition. USA: Wadsworth.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Direktorat Permuseuman. (1998). Permainan tradisional indonesia. Indonesia.

Dodge, D.T. (2002). The creative curriculum for preschool. USA; Teaching Strategies.

Ellis, A.K. (2001). Teaching, learning and assesment together: the reflective classroom. New York: Eye On Education.

Expat Web Site Association. Congklak: A Tradisional Games of Indonesia. Diakses dari http://www.expat.or.id/info/congklak.html pada tanggal 10 Oktiber 2019 pukul 20.30

Fad, A. (2014). Kumpulan permainan anak tradisional indonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif.

Feldman, J.R. (1991). A survival guide for the preschool teacher. USA: The Center For Applied Research in Education.

Hurlock, E.. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, E (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kunandar. (2009). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Berk, L.E. (2006). Children development. USA: Pearson Education.

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan permainan. Penerbit Kencana: Jakarta.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah (classroom action research). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Papalia, D.E., et, al. (2008). Human development. psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.137 Tahun 2014, Jakarta: Direktorat PAUD.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.

Robbins, S.P., Judge, T.A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Tipps, S., et.al. (2011). Guiding children’s learning of mathematics. USA: Wadsworth.

Walker, D.G. (2014). A book of historic board games. United States: Lulu Press, Inc.

Wortham, S.C. (2005). Assesment in early childhood education. New Jersey: Pearson Education.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Jakarta: Grasindo.

Sukidin, dkk. (2010). Manajemen penelitian tindakan kelas. Banten: Insan Cendikia.

Suroso. (2009). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pararaton.

Smith, S.S. (2009). Early childhood mathematics. USA: Person Education.

Suyadi. (2011). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Medan: Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110