MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA BIG BOOK

Riska Sulistyawati, Zahrina Amelia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media big book untuk anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 25 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi kemampuan berbicara anak melalui media big book, aktivitas guru dan anak serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berbicara anak melalui media big book. Hal ini diketahui dari rata-rata anak yang mendapat skor 3 pada setiap indikator yaitu indikator berkomunikasi secara lisan (menceritakan kembali) siklus I sebesar 0% dan siklus II sebesar 90% artinya terdapat peningkatan sebesar 90%. Pada indikator menyusun kalimat sederhana secara terstruktur (SPOK) siklus I sebesar 0% dan siklus II sebesar 85% artinya terdapat peningkatan sebesar 85% dan pada indikator melanjutkan sebagian cerita siklus I 0% dan siklus II sebesar 95% artinya terdapat peningkatan sebesar 95%. Pencapaian di siklus II sudah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media big book dapat meningkatkan kemampuan bericara anak usia 5 – 6 tahun. Peningkatan terjadi, dikarenakan dalam bercerita dengan menggunakan big book yang sebelumnya belum pernah diterapkan di sekolah tersebut, big book karakteristik khusus yang penuh warna-warni, gambar yang menarik, maupun kata yang dapat diulang-ulang, mempunyai plot yang mudah ditebak.

Full Text:

PDF

References


Barzun, J. (2009). Program paedia: sebuah silabus padagogi, esai-esai karya kelompok padia. Jakarta: PT Indonesia Publishing.

Dhieni, N., et al. (2014). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Fidesrinur. (2009). kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Universitas Al Azhar Indonesia.

Hurlock, E. (2001). Perkembangan anak jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Irwanto, N. D. (2016). Kompetensi pedagogik untuk peningkatan dan penilaian kinerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional. Sidoarjo: Genta GroupProduction.

Kemdikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Madyawati, L. (2016). Strategi pemgembangan bahasa. Prenada media Grup: Jakarta

McDevitt, T.M., Ormord, D., Ellis, J. (2004). Child development: educating and working with children and adolescents. New Jersey: Pearson Merll Prentice Hall.

Mulyati. (2015). Terampil berbahasa indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Musfiroh, T. (2010). Perkembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Rahmawati, D. (2017). Pengaruh penerapan metode bercerita terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk dharma wanita persatuan Palas Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016-2017.

Robbins, S.P. dan Judge, T.A. (2008). Perilaku organisasi, organizational behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Suryadi. (2007). Cara efektif memahami perilaku anak usia dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Susanto, A. (2015). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suyadi. (2010). Panduan penelitian tindakan kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Henry, G.T. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Usaid. (2014). Buku sumber untuk dosen LPTK pengembangan literasi kelas awal di LPTK. Jakarta: USAID.

Wortham, S.C. (2005). Assesment in early childhood education Fouth Edition. New Jersey: Person Education.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip pembelajaran. Jakarta: Kencana Persada Group.

Zainatuddar. (2019). Teaching speaking in English by using the picture series technique. English Education Journal (EEJ), 6(4), 443 – 456




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110