Effectiveness of Using Interactive Multimedia For Early Childhood Learning

Umi Risatul Firdaus, Sigit Prasetyo

Abstract


Multimedia interaktif merupakan salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini dan sejalan dengan perkembangan teknologi di era digital saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran anak usia dini berdasarkan kajian sistematis. Masalah yang diangkat adalah apakah multimedia merupakan media pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review yang melalui tiga tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penelitian. Penelitian ini mengumpulkan berbagai literatur melalui Google Scholar, Open Knowledge dan Sage, setelah itu diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga mendapatkan literatur yang relevan, kuat dan kredibel. Temuan utama menunjukkan bahwa multimedia interaktif termasuk PowerPoint berbasis permainan, kartu flash, dan video animasi dapat secara efektif meningkatkan kemampuan akademis seperti membaca, penalaran matematika dan pemikiran logis sekaligus meningkatkan motivasi belajar serta pertumbuhan kemampuan untuk menyuarakan pendapat sendiri dan moderasi dalam beragama. Selain itu, media ini efektif dan memfasilitasi pembelajaran mandiri anak sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Implikasi penelitian ini adalah multimedia interaktif tidak efektif jika tidak disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, selain itu mendidik orang tua dan guru dalam literasi digital dan menggabungkan media ini ke dalam kurikulum merupakan cara yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan perkembangan anak secara keseluruhan

Full Text:

PDF

References


Al-fahmi, Sari Nadhifa, and Intan Prastihastari Wijaya. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media FunWords Bagi Anak Usia Dini.” Pp. 1089–98 in Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran).

Andriyani, Andriyani, Happy Indira Dewi, and Zulfitria Zulfitria. 2020. “Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa.” Jurnal Instruksional 1(2):172–80.

Dwiyani, Ajeng Octatya, Hendra Sofyan, and Nyimas Muazzomi. 2024. “Pengembangan Game Multimedia Interaktif Untuk Menstimulasi Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Tema Lingkunganku Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Hidayah Kota Jambi.” As-Sabiqun: Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6(4):595–613. doi: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i4.4826.

Elimelech, Adi, and Dorit Aram. 2019. “A Digital Early Spelling Game : The Role of Auditory and Visual Support.” AERA Open 5(2):1–11. doi: 10.1177/2332858419857702.

Fajar, Uli Arif, and Kurotul Aeni. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interactive Picture Berbasis Canva Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V.” As-Sabiqun: Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6(5):968–81. doi: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i5.5341.

Fuadin, Ahmad, Befita Puti Aprita, Mohamad Rasya Sathia, Nayla Syifa Effendi, and Zaima Mahirotul Azza. 2023. “Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Nama-Nama Planet Di Tata Surya Pada Anak Usia Dini TK Binekas PGRI.” Education 1(2):96–107.

Al Ghifari, Syifa Syafira, Dadang Juandi, and Dian Usdiyana. 2022. “Systematic Literature Review: Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):2025–39. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1271.

Hakam, Irhash Abdul, Krisna Fatahillah, Rini Nur Faniati, Nihayatul Nurul Izzah, and Riyan Sisiawan Putra. 2022. “A Systematic Literature Review: Strategi Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah (Umkm) Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.” WORLDVIEW ( Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Sosial Sains ) 2(1):61–72. doi: 10.38156/worldview.v2i1.197.

Halimah, Halimah, Amanah Amanah, and Alifya Brigitha. 2023. “Multimedia Interaktif 3D Pembelajaran Pengenalan Alfabet, Angka, Warna Dan Bentuk Bagi Anak Usia Dini Berbasis Mobile.” Teknika: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Rekayasa 17(1):57–66. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7950741.

Hidayah, Tami Aspi Zahda, Nandhini Hudha Anggarasari, and Fajar Nugraha. 2023. “Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia 7(1):81–88. doi: 10.17509/jpa.v7i1.59920.

Ikhwan, Muhammad Nur, Ayi Abdurahman, Yuni Misrahayu, Ela Martisa, Nurhayati Tine, Elva M. Sumirat, Jannah Miftahul, and Irvin Novita Arifin. 2024. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. edited by S. Septriani. Sumetera Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Juannita, Eka, and Nennny Mahyuddin. 2022. “Innovative Leadership Management in Early Children Education.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3007–12. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2198.

Karimah, Luthfia, Raeh Niken Baghiroh, and Dewi Anggareni. 2022. “Integrasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Penanaman Literasi Anak Usia Dini Di Kota Solo.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains 2(1):5–9.

Lisnawati, Lilis, and Abdul Karim Halim. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kosakata Hijaiyah Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 15(2):90–96.

Maryam, Hafidyawati, Isnanto Isnanto, and Ida Chairanna Mahirawatie. 2021. “Determinan Status Gizi Pada Status Kesehatan Gigi Anak Usia Sekolah: Systematic Literature Review.” JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy 2(2):62–71. doi: 10.36082/jdht.v2i2.336.

Miyarso, Estu. 2018. “Efektivitas Multimedia Karaoke Interaktif Anak.” Adi Karsa: Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan 9(2).

Munawaroh, Hidayatu, Afifah Yulia Eka Widiyani, and Rifqi Muntaqo. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta Pada Anak Usia 4-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1164–72. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.619.

Nafisah, Aisyah Durrotun. 2022. Teori Dan Praktik Bermain Untuk Anak Usia Dini. edited by Y. K. S. Pranoto, A. D. Nafisah, and Y. Maronta. Jawa Timur: Cipta Media Nusantara.

Nisak, Farah Fahrun. 2022. “Upaya Peningkatan Sikap Moderasi Beragama Untuk Anak Usia Dini Melalui Multimedia Interaktif ‘Kids Moderations’ Dalam Pembelajaran Di RA Masyitoh Manggisan.” Bernas Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):17–36.

Nizrina, Elena Himma, Isti Rusdiyani, and Fadlullah Fadlullah. 2022. “Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):205–20. doi: https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i2.9828.

Norita, Efi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia Di TK Negeri Pembina Padang.” Jurnal Basicedu 5(2):561–70. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783.

Nugraha, Nugraha Wirawan, and Novaliyosi Novaliyosi. 2023. “Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika : Systematic Literature Review.” Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika 4(1):477–90. doi: 10.46306/lb.v4i1.286.

Nurasyiah, Rina, Luluk Asmawati, Fadlullah Fadlullah, and Cucu Atikah. 2023. “Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun.” JEA (Jurnal Edukasi AUD) 9(1):17–34. doi: 10.18592/jea.v9i1.9287.

Putra, Priawan Ardi, and Isabella Hasiana. 2020. “Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):20–25. doi: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016.

Rahmawati, Rika, and Farida Mayar. 2023. “Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(4):4673–81. doi: 10.31004/obsesi.v7i4.5245.

Rasmani, Elok Upik Endang, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nujanah, Jumiatmoko Jumiatmoko, Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti, Putri Agustina, and Milla Diah Putri Nazidah. 2022. “Multimedia Interaktif PAUD Dalam Perspektif Merdeka Belajar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5397–5405. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2962.

Ristyadewi, Febby, and Nila Fitria. 2023. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Menggunakan Game PowerPoint.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 5(2):310–24. doi: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1814.

Rohmah, Lailatu, and Irma Russanti. 2021. “Studi Literatur : Efektivitas Penggunaan Virtual Reality Pada Mahasiswa Fashion Design.” Jurnal Online Tata Busana 10(1):168–75. doi: https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.41586.

Rohmah, Riza Mi’rotul, Arba’iyah Yusuf, Rohmatul Azizah, and Risyaf Nabiel M. 2023. “Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini.” JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 11(1). doi: http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8268.

Strouse, Gabrielle A., Lisa A. Newland, and Daniel J. Mourlam. 2019. “Educational and Fun ? Parent Versus Preschooler Perceptions and Co-Use of Digital and Print Media.” AERA Open 5(3):1–14. doi: 10.1177/2332858419861085.

Suci, Aisya Dinda, Dhea Salsabila, Rika Helmalia, Syifa Faujiah, Lizza Suzanti, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Powerpoint Interaktif, and Anak Usia Dini. 2023. “Stimulasi Aspek Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berpikir Logis Melalui Powerpoint Interaktif Di TK Labschool UPI Serang.” Jurnal Tunas Siliwangi 9(2):92–101. doi: https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.3940.

Sun, He, Jieying Loh, and Adam Charles Roberts. 2019. “Motion and Sound in Animated Storybooks for Preschoolers ’ Visual Attention and Mandarin Language Learning : An Eye-Tracking Study With Bilingual Children.” AERA Open 5(2):1–19. doi: 10.1177/2332858419848431.

Syafrizal, Agusdi, Rio Andika, Ade Permadi Panggabean, and D. O. M. Level. 2018. “Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Html 5 Berbasis Multimedia Interaktif.” Pp. 7–12 in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018.

Wang, X. Christine, Tanya Kristus, Ming Ming Chiu, and Ekaterina Strekalova-hughes. 2019. “Exploring the Relationship Between Kindergarteners ’ Buddy Reading and Individual Comprehension of Interactive App Books.” AERA Open 5(3):1–17. doi: 10.1177/2332858419869343.

Wardhani, Karina Kusuma, Tomas Iriyanto, and Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas. 2024. “Pengembangan Media Permainan Face Poly Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 7(1):81. doi: 10.36722/jaudhi.v7i1.3039.

Yamada-rice, Dylan. 2021. “Children ’ s Interactive Storytelling in Virtual Reality.” Multimodality & Society 1(1):48–67. doi: 10.1177/2634979521992965.

Yanuarsari, Revita, Lisnawati Lisnawati, and Ella Dewi Latifah. 2023. “Manajemen Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 3(3):01–10. doi: 10.55606/jurdikbud.v3i3.2359.

Yow, W. Quin, and Sridhar Priyashri. 2019. “Computerized Electronic Features Direct Children ’ s Attention to Print in Single- and Dual-Language e-Books.” AERA Open 5(3):1–15. doi: 10.1177/2332858419878126.

Yulianti, Puji, and Sella Oktania. 2023. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Anak Usia Dini.” Jurnal Anak Bangsa 2(2):238–48. doi: https://doi.org/10.46306/jas.v2i2.43.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i2.3675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110