Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic, Montessori, Islamic (STEAMMI) Dalam Model Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak

Nofiyeni Istiqamah, Zirmansyah Zirmansyah

Abstract


Salah satu inovasi pembelajaran yang dipakai saat ini untuk menunjang era Revolusi Industri 4.0 adalah Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic (STEAM). Pada Lembaga TK Al-Hamidiyah pendekatan STEAM dikembangkan menjadi STEAMMI dengan memasukkan unsur Montessori dan Islamic. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan dan pelaksanaan implementasi pendekatan STEAMMI dalam model pembelajaran kelompok. Subjek penelitian adalah dua orang guru kelompok TK B yang dipilih secara purposive. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan model Miles and Huberman dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan pendekatan STEAMMI mencakup RPPM, RPPH, dan jadwal kegiatan. Pendekatan STEAMMI dilakukan dalam bentuk proyek, salah satunya adalah proyek “Adab Makan Sahur”. Pelaksanaan Pendekatan dari masing-masing bagian pada STEAMMI yang terlihat, yaitu: 1). Sains melalui pengumpulan informasi dari berbagai sumber yang disediakan guru; 2). Teknologi terlihat saat anak menggunakan berbagai media seperti gunting, lem, spidol, stik ice cream, dan kertas asturo; 3). Engineering melalui kegiatan menempel dan mengurutkan adab sahur; 4). Art melalui kegiatan menghias poster adab makan sahur; 5). Math terlihat melalui kegiatan mengurutkan gambar adab berbuka puasa; 6). Montessori terlihat saat menggunakan aparratus Montessori pada area practical life, sensorial, science & cultural, language and art, dan math; serta 7). Islamic terlihat melalui pelafalan doa sahur serta doa berbuka puasa bersama. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa pendekatan STEAMMI dapat dimunculkan pada berbagai kegiatan pada satu proyek asalkan direncanakan dengan benar.

Full Text:

PDF

References


Academy, M. (2024). 5 Curriculum Area. Montessori Academy. https://montessoriacademy.com.au/montessori-education/montessori-curriculum/

Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf

Arifin, Z., Nurtanto, M., Warju, W., Rabiman, R., & Kholifah, N. (2020). The tawock conceptual model at content knowledge for professional teaching in vocational education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 697–703. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20561

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Dewi, M. C., & Reza, M. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Sentra Dan Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Kemampuan Problem Solving Pada Anak. Jurnal PAUD Teratai, 1(9), 1–10.

Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12545.

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383

Gunawan, P. (2019). Model pembelajaran STEAM (Scient, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dengan pendekatan saintifik. In Model Pembelajaran STEAM.

Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=10XwCQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=teaching+and+learning+material&ots=ME8cd8laDC&sig=x-BPYcPgYfxpTHlJ2rpVDygdJrQ

Library, V. C. (2006). STEM definitions. Vintura Country Library.

Mayar, F., Sari, D. N., & Hijriani, A. (2019). Analisa Manfaat Seni untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1359–1364.

Novitasari, N., Zaida, N. A., & Hasanah. (2022). Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330

Oner, A., Nite, S., Capraro, R., & Capraro, M. (2016). From STEM to STEAM: Students’ Beliefs About the Use of Their Creativity. Steam, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.5642/steam.20160202.06

Rahayu, E. Y., Nurani, Y., & Meilanie, S. M. (2023). Pembelajaran yang terinspirasi STEAM: Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Video Tutorial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2627–2640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4228

Rohita, R., Fitria, N., & Haryadi, D. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (Ap3) Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Di Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 644. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10168

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan profesionalisme. PT. Raja Grafindo Persada.

Shatunova, O., Anisimova, T., Sabirova, F., & Kalimullina, O. (2019). Journal of Social Studies Education Research STEAM as an Innovative Educational Technology. Ournal of Social Studies Education Research, 10(2), 131–144. www.jsser.org

Siantajani. (2020). Konsep dan Praktek STEAM di PAUD. PT Sarang Seratus Aksara.

tim penulis. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. In Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Vol. 8, Issue 33, p. 37).

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Wulandari, F. (2021). Modul Impelemntasi STEAMMI dalam kegiatan Belajar Mengajar.

Yuniatari, Y. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok, Sudut, Area, dan Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic EduKids, 2(02), 35–57. https://doi.org/10.20414/iek.v2i02.2891

Yusnida, D., Muslem, A., & Manan, A. (2017). A Study of Teaching Listening. English Education Journal (EEJ), 8(4), 439–456.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110