IDENTIFIKASI KEBUDAYAAN KEMATARAMAN DALAM PEMBELAJARAN SENI DI TK PANGUDI LUHUR BORO
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abimanyu, S. (2015). Kitab Terlengkap Sejarah Mataram. Saufa.
Aditya, R. (2019). Batik Geblek Renteng Kulon Progo : Komunitas, 10(2), 123–142. https://doi.org/10.20414/komunitas.v10i2.1201
Admin. (2018). Jemparingan Gaya Mataram. Kratonjogja.Id. https://www.kratonjogja.id/tak-benda/Lainnya/14/jemparingan-gaya-mataram
Cahyani, A. (2018). Kreasi Karya Tari Jaranan Sanjoyo Putro Desa Bandar Kidul Kota Kediri. 1–16.
Dewie, R. (2015). Filosofi Menthog : "Enak-enak Ngorok, Ora Nyambut Gawe”. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/rianadewie/55c8b109309773a015166519/filosofi-menthog-enakenak-ngorok-ora-nyambut-gawe?page=all&page_images=1
Juwitasari, S. (2019). Tembang dolanan jamuran karya Ki Hadi Sukatno Analisi Etnografi. Journal Uny, 8.
Munawaroh, H. (2017). Implementasi Pembelajaran Tari Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.14421/jga.2017.22-03
Nurani Sujiono, Y. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.
Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017. (2017). Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. 1–14.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.).
Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v5i2.4883
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Setiawan, R., & Pradhikta, D. (2021). Pengenalan Batik Pada Anak Sebagai Wujud Cinta Budaya Indonesia. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 125. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p125-129
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Suprayogi, A. (2018). Fenomena Lagu Dolanan “Gundul-Gundul Pacul” Dalam Pendidikan Karakter Anak Dan Ranah Sosial. Imaji, 16(2), 109–117. https://doi.org/10.21831/imaji.v16i2.22745
Suseno, F. M. (2003). Etika Jawa. PT Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Gempuran.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.924
Yohanda, D. M., & Ahmad, H. A. (2022). Jemparingan Tradition as a Traditional Media to Shaping The Character of Teenagers in Klaten. Proceedings of the ICON ARCCADE 2021: The 2nd International Conference on Art, Craft, Culture and Design (ICON-ARCCADE 2021), 625, 535–539. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211228.070
Zakiya, F. mayar. (2020). Menstimulasi keterampilan sosial anak usia dini melalui seni permainan tradisional. Ensiklopedia of Journal, 53(9), 1689–1699.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.1213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110