Analisis Spasialisasi Sertifikat Halal Pada Sikat Gigi Dalam Perspektif Ekonomi Politik Komunikasi
Abstract
Majelis Ulama Indonesia melalui LPPOM MUI dan Komisi Fatwa telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jaminan makanan halal bagi konsumen muslim melalui instrumen sertifikasi halal merupakan fatwa tertulis MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai syariat Islam. Metode penelitian ini berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunka teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawan cara serta observasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran sertifikat halal yang terdapat dalam produk sikat gigi. Hasil penelitian menunjukkan adanya asumsi dari masyarakat bahwa terdapat campuran bulu babi pada produk sikat gigi. Harapan ke depannya dalam dunia bisnis dengan pencantuman label halal akan terciptanya prilaku bisnis yang santun, yang concern terhadap nilai-nilai sosial dan spiritual disamping nilai-nilai profit. Sebagai pengemban nilai-nilai sosial, label halal mustilah mampu memberikan perlindungan terhadap konsumen baik dalam memenuhi kebutuhan pangan, kenyamanan dalam mengkonsumsi, cita-rasa, keselamatan baik jasmaniah maupun ruhaniah dan nilai perlindungan hukum (jaminan halal), sehingga masyarakat lebih percaya.
Kata Kunci: Spalisasi Sertifkat Halal, Sikat Gigi, Persfektif Ekonomi Politik Komunikasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Slamet Mujiono, (2016). Perlindungan Konsumen: Regulasi Bisnis. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) Volume 1, No.1.
Riska Nurhafizhah, Agus Hadiawan, Tety Rachmawati, (2019). Implementasi Asean-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (Aanzfta) Dalam Hubungan Perdagangan Indonesia-Australia Dan Indonesia-New Zealand Tahun 2013-2017. SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, Vol. 21, No. 1.
Lies Afroniyati, (2014). Analisis Ekonomi Politik Sertifikasi Halal Oleh Majelis Ulama Indonesia: Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik JKAP Vol 18 No 1
F. Yudhi Priyo Amboro, (2019). Problematika Pendaftaran Merek Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Batam: Journal of Judicial Review Vol.XXI No.1.
Rosnawintang1 , Suwandi, Nur Asizah, (2015). Analisis Daya Saing Dan Strategi Industri Makanan Dan Minuman Indonesia Di Era Masyarakat Ekonomi Asean: Jurnal Ekonomi Pembangunan (JEP) UHO, Volume 5 No 2.
Muhammad, (2009). Label Halal Dan Spiritualitas Bisnis Interpretasi atas Bisnis Home Industry: Jurnal Salam. Volume 12 Nomor 2.
Ahmad Hamdani, Nurma Sari, Khairil Umuri, (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikat Halal Terhadap Minat Beli Produk Kentucky Fried Chicken (KFC): Al_Buhuts e-Journal. Volume 17 No 2.
Telsy Fratama Dewi Samad, (2019). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Preferensi Konsumen pada Restoran Pizza Hut dan KFC di Yogyakarta: Falah jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 4, No.1.
Annisa Fiazisyah, Niken Purwidiani, (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji Kfc Basuki Rahmat Surabaya: e-journal Boga, Volume 7, No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/cl.v10i2.2288
Refbacks
- There are currently no refbacks.