Pendidikan Kebencanaan Pada Lembaga PAUD Rawan Banjir di Jakarta Pusat

Nurfadilah Nurfadilah, Deira Razzaaq Darsono

Abstract


Salah satu daerah di Jakarta Pusat yang rawan terjadi banjir adalah daerah Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil). Kelurahan Benhil dilintasi anak Kali Kerungkut yang saluran utamanya adalah Banjir Kanal Barat. Penyebab utama banjirnya adalah pada saat di Banjir Kanal Barat volume air sedang tinggi, aliran anak Kali Kerungkut menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan volume air di anak Kali Kerungkut menjadi naik dan menyebabkan banjir di pingir-pinggir daerah aliran. Banjir ini terjadi di Benhil setiap tahun. Oleh karena itu, edukasi mengenai pendidikan kebencanaan, menjadi penting untuk dilakukan sejak dini, khususnya kepada anak-anak usia dini yang tergolong ke dalam kelompok rentan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pendidikan kebencanaan yang dilakukan oleh guru dari beberapa lembaga PAUD yang ada di Kelurahan Bendungan Hilir. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa 1) guru-guru sudah mencoba memberikan pendidikan kebencanaan dengan cara yang mereka sendiri namun masih belum memanfaatkan lingkungan dan potensi sumber daya alam sekitar; 2) Pendidikan kebencanaan yang dilakukan belum jelas terlihat integrasinya dengan kurikulum pembelajaran yang dilakukan; 3) Koordinasi untuk penanganan bencana banjir dengan dinas setempat sudah dilakukan namun belum maksimal. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukan upaya-upaya yang lebih komprehensif dan berkelanjutan untuk membantu menyiapkan guru PAUD demi terwujudnya budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko bencana di lembaga PAUD.

Kata Kunci - Pendidikan Bencana,Kesiapsiagaan Bencana Banjir, ECE Center


Full Text:

PDF

References


BNPB, Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana, Jakarta: Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, 2018

BNPB, Rencana Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2015 – 2019., Jakarta: BNPB, 2015.

KEMENDIKBUD, PAUD DIKMAS, "PAUD DIKMAS KEMENDIKBUD," 20 09 2019. [Online]. Available: (https://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/859.html). [Accessed 28 12 2020].

BNPB, Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana., Jakarta: BNPB, 2007.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, "Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD," 28 07 2019. [Online]. Available: https://www.pauddikmas.kemdikbud.go.id/berita/859.htm. [Accessed 2020 12 12].

L. Tirza, Nathanael, Z. Reza, M. Estrely and W. Cahyono, 2007, Depok: LPSP3 UI. Depok, Pemulihan Trauma: Panduan Praktis Pemulihan Trauma Akibat Bencana Alam.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v6i1.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitors