Analisis Kebutuhan Pengembangan Kolaborasi Metode Pembelajaran Bahasa

Tri Budianingsih, Nanda Lailatul Qadriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran yang baru dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mempelajari bahasa Mandarin, juga mengetahui metode yang bagaimana mereka butuhkan agar metode tersebut tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu dosen dan mahasiswa tingkat 2 (dua) semester 3 (tiga) pada mata kuliah keterampilan tertulis bahasa Mandarin yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah Teknik langsung dan data yang digunakan adalah kusioner. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan sederhana yaitu rata-rata. Total pencapaian dari analisis kebutuhan dari 9 komponen sebesar 3.89, lebih besar dari pencapaian yang diharapkan yaitu sebesar 3.00, jika diurutkan dari otal pencapaian tertinggi adalah (1) Komponen kriteria kebutuhan kegiatan refreksi, (2) Kriteria kebutuhan kegiatan penutup, (3) Komponen kriteria kebutuhan kegiatan inti, (4) Komponen kriteria tema, (5) Komponen kriteria pendekatan, (6) Komponen kriteria pembelajaran, (7) Komponen kriteria kegiatan awal, (8) Komponen kriteria identifikasi kebutuhan RPS dan, (9) Komponen kriteria tujuan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan mahasiswa juga membutuhkan metode pembelajaran yang baru agar materi yang disampaikan tersampaikan dengan baik, metode yang dibutuhkan oleh mahasiswa adalah metode gabungan tutor teman sebaya dengan quantum teaching.

Kata kunci - Quantum Teaching, Tutor Sebaya, Mandarin.


Full Text:

PDF

References


I. A. Pratiwi, "Pengembangan Model Kolaborasi Jigsaw Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Siswa Kelas V SD Pada Pelajaran IPS," Jurnal Konseling Gusjigang, p. Vol 1 No 2, 2015.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

J. C. Richards, Curriculum Development in Language Teaching, Cambridge: Cambridge University Press, 2001.

F. Sanubari, S. Yamtimah and T. Redjeki, "Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Dilengkapi Dengan Media Interaktif Flash untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Larutan Penyangga," Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, vol. 3, no. 4, 2014.

R. Arjanggi and T. Suprihatin, "Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Regulasi-Diri," Makara (Human Behavior Studies in Asia), vol. 14, no. 2, 2010.

W. Z. Wei, 汉语作为第二语言教学:汉语技能教学, Beijing: 外语教学与研究出版社, 2014.

D. Z. d. Budiasih, Pendidikan Bahasa Indonesia 1, Jakarta: Depdiknas, 1997.

S. Akhdiah, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga, 1988.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v6i1.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitors