Konsep Cinta Pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Semiotika Carles Sanders Pierce

Ika Mustika, Heri Isnaini

Abstract


Artikel ini membahas konsep cinta pada puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono. Konsep cinta seperti yang dikemukakan oleh Erich Fromm merupakan jawaban atas masalah pada eksistensi manusia. Konsep cinta yang universal dapat dilihat sebagai seni kehidupan (art of life) yang meliputi: cinta manusia kepada manusia, cinta manusia kepada alam, dan cinta manusia kepada tuhan. Masalah yang muncul dalam artikel ini adalah: bagaimana konsep cinta direpresentasi dalam puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono; serta bagaimana pemaknaan konsep cinta tersebut dilihat dari penggunaan tanda-tanda di dalam puisi. Berdasarkan permasalahan tersebut, konsep cinta akan dibahas pada kekuatan tanda yang hadir di dalam puisi. Tanda-tanda tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori semiotika yang dikemukakan oleh Pierce, yakni dengan memperhatikan representament, object, dan interpretant. Di samping itu, artikel ini juga menunjukkan hubungan (relasi) tanda dengan teks lain dan penggunaan gaya bahasanya. Pembahasan-pembahasannya kemudian bermuara pada pemaknaan konsep cinta yang terdapat pada puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono. Akhirnya, pemaknaan konsep cinta ini dapat dilihat sebagai konsep universal yang merujuk pada keperiadaan manusia sebagai bentuk eksistensinya di dunia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep cinta pada puisi-puisi Sapardi Djoko Damono ditemukan dalam tataran diksi, citraan, dan gaya bahasa. Konsep cinta yang ditemukan pada tataran struktur tersebut menjadi bagian penting dalam memahami puisi secara keseluruhan dan memaknai puisi-puisi tersebut.

Kata Kunci - Konsep Cinta, Semiotika, Intertektualitas, Stilistika, Puisi


Full Text:

PDF

References


R. A. Qadri, "Sapardi dan Tanda: Telaah Semiotik atas Kumpulan Puisi Kolam," in Dari Zaman Citra ke Metafiksi: Bunga Rampai Telaah Sastra DKJ, Z. Hae, Ed., ed Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2010, pp. 171-194.

H. Isnaini, "Representasi Ideologi Jawa pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono," Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. Vol. 10 No. 1 Juli 2020, pp. 24-47, 2020.

H. Isnaini, A. Priyatna, L. M. Rahayu, and M. Adji, "Konsep Manunggaling Kawula Gusti Pada Puisi-Puisi Sapardi Djoko Damono," Jurnal Ide Bahasa, vol. Vol. 1 No. 2, pp. 115-128, Desember 2019 2019.

E. D. Hirsch, "Keabsahan Sebuah Interpretasi," in Hidup Matinya Sang Pengarang, T. Heraty, Ed., ed Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2000, pp. 58-74.

J. Piaget, Strukturalisme. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.

S. Sabbah and P. Ayuningtyas, "Pemahaman Identitas dan Toleransi Keberagaman Budaya Mahasiswa Sastra Inggris UAI Melalui Puisi Multikultural Kesusasteraan Inggris: Sebuah Kajian Multikulturalisme," Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, vol. Vol. 4, No. 2 September 2017, pp. 94-103, 2017.

H. J. Waluyo, Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga, 1987.

N. A. Ariefa, "Makna Puisi "Kotoba" Karya Tanikawa Shuntaro: Analisis Semiotika Riffaterre," Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, vol. Vol. 3, No. 2 September 2015, pp. 125-136, 2015.

S. Maharani, Filsafat Cinta. Yogyakarta: Garasi, 2016.

E. Fromm, The Art of Loving. New York: Harper & Row, 1956.

A. v. Zoest, Semiotika. Jakarta: Yayasan Sumber Agung, 1993.

S. D. Damono, DukaMu Abadi. Jakarta: Pustaka Jaya, 1969.

S. D. Damono, Mata Pisau. Jakarta: Balai Pustaka, 1974.

S. D. Damono, Sihir Hujan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, 1984.

S. D. Damono, Perahu Kertas. Jakarta: Balai Pustaka, 1983.

S. D. Damono, Hujan Bulan Juni. Jakarta: Gramedia-Grasindo, 1994.

S. D. Damono, Kolam. Jakarta: Editum, 2009.

M. S. Mahayana, Kitab Kritik Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015.

S. D. Damono, Arloji. Jakarta: Yayasan Puisi, 1998.

S. D. Damono, Ayat-Ayat Api. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

S. D. Damono, Mata Jendela. Magelang: Indonesia Tera, 2001.

A. Nata, Akhlak Tasawuf, . Jakarta: Grafindo, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v6i1.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors