Representasi Visual dan Verbal Iklan Mobil “FORD” pada Koran Arab Digital (Semiotik Charles Morris)

Tsaniananda Fidyatul Chafidzoh

Abstract


Abstrak Iklan mobil “FORD” berisi informasi verbal dan visual sebagai bahan promosi selama Ramadhan 1440H. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk semantik, sintaksis, dan pragmatis dalam iklan mobil “FORD” pada koran Arab digital. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis model semiotik Charles Morris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level semantik, teks verbal mengandung makna denotasi yaitu maksud penawaran dan penjelasan keunggulan promo dan makna konotasi yaitu secara bertahap menggiring pembaca untuk mengambil tawaran yang disajikan. Pada representasi visual, ada upaya menautkan format iklan dengan referen. Pada level sintaksis, pembuat iklan memperhatikan pemilihan jenis kata dan bentuk kalimat agar runtut dan teratur. Secara visual, ada kaitan antara unsur visual dan teks, seperti pemilihan gambar lampion dan bayangan masjid. Pada level paragmatis, hubungan antara tanda dengan makna tanda tergambar dari kepaduan antara unsur verbal dan visual teks iklan. Iklan ini menyampaikan pesan "Belilah jenis terbaru dari mobil “FORD” pada bulan Ramadhan ini karena anda akan untung. Jangan sampai promo ini terlewat.”

Abstract The purpose of this study is to find out the semantic, syntax, and pragmatic forms of the "FORD" car advertisements on digital Arabic newspapers during the month of Ramadhan 1440H. This research is qualitative descriptive by using the Semiotic model analysis of Charles Morris. The results showed that at the semantic level, the verbal text contains the meaning of denotation which is the meaning of bidding and the explanation of the advantages of the offer and the meaning of connotation is to gradually lead the reader to take the offer presented. In visual representation, there is an attempt to link ad formats with referrals. At the syntax level, the ad creator pays attention to the selection of the word type and the sentence shape to be sequential and orderly. Visually, there is a link between the visual elements and the text. At the pragmatic level, the relationship between the mark and the meaning of the marks is engraved from the mix between the verbal elements and the visual text of the ad. These ads convey the message "buy the latest type of FORD cars" in this month of Ramadan because you will be profitable. Don't miss this promo."

Keywords - Iklan, Mobil “FORD”, Semiotik, Charles Morris, Koran digital. 

Full Text:

PDF

References


S. Patinnasarany, Elemente der Semiotic diterjemahkan oleh Traubaut, Jurgen dengan judul Dasar-Dasar Semiotik, Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,, 1996.

W. North, Hand Book Of Semiotic, USA: Indiana University Press, 1995.

F. HT, Semiotika 1, Yogyakarta: Diktat FIB UGM, tt.

M. Irmayanti, “Profesionalisme Jurnalis Media Online: Analisis dengan Menggunakan Semiotika Charles Morris,” Jurnal Komunikasi Indonesia, vol. III, no. 02, p. 143, Oktober 2014.

J.-P. Fan, “Charles Morris's Semiotic Mdel and Analytical Studies of Visual and Verbal representations in Technical Communication,” Journal of Technical Writing and Communication, vol. 36, no. 2, pp. 121-139, 2006.

M. F. A. A. Al-Rawe, A Socio-Semiotic Study of English and Arabid Shopfront Advertising Signs, Baghdad: University of Baghdad, 2018.

I. A. Rosyida, “Analisis Semiotika pada Rubrik Iklan Mobil Harian Jawa Pos,” EDU-KATA, vol. 2, no. 2, pp. 111-120, 2017.

C. Tjandradipura, “Kajian Iklan Mobil Cherry QQ dengan Pendekatan Semiotik,” Jurnal Idealog, vol. 2, no. 3, pp. 263-274, 2017.

S. Muljani, Wacana Iklan “Bank Muamalat” pada Majalah Sabili: Pendekatan Mikrostruktur dan Makrostruktur, dalam Sumarlam (Ed). Teori dan Praktik Analisis Wacana, Surakarta: Pustaka Cakra, 2003.

G. Dyer, Advertising as Communication, London and New York: Routledge, 1989.

A. Liliweri, Dasar-dasar Komunikasi Periklanan, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1992.

M. Masrukhi, “Struktur Iklan Komersial di Media Cetak Mesir,” CMES, vol. VII, no. 02, pp. Edisi Juli-Desember, 2014.

G. Keraf, Diksi dan Gaya Bahasa, Seri Retorika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

C. Morris, Foundation of the Theory of Signs. Chicago, III penyunt., Chicago: University of Chicago Press, 1938.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i4.415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitors