Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga

Dwi Okti Sudarti

Abstract


Abstrak - Kreativitas merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki setiap insan. Kreativitas ialah interaksi antara kekuatan intelektif, emotif, dan motivasional. Oleh karenanya, mengembangkan kreativitas anak sangat penting untuk membantu perkembangan kreativitasnya mencakup aspek kognitif, sosial, emosional, dan afektif. Artikel ini akan membahas kreativitas aptitude anak usia dini 4-6 tahun. Anak usia dini sering disebut “golden age” atau masa emas. Pada masa ini hampir semua potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh berkembang. Dalam menumbuh kembangkan kreativitas dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Lingkungan keluarga merupakan salah satu dari tri pusat pendidikan yang bersinergi memberikan pendidikan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kreativitas aptitude anak dengan strategi habituasi dalam lingkungan keluarga, serta bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Penelitian ini memanfaatkan berbagai referensi berupa buku-buku dan jurnal-jurnal yang memiliki kaitan dengan tema yang dibahas untuk mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas aptitude anak dapat dikembangkan melalui strategi habituasi. Pembiasaan dan pembudayaan adalah sifat dalam pikiran. Jika strategi habituasi terus diulang dan dibudayakan dalam keluarga untuk mengembangkan kreativitas aptitude anak. Maka, akan menjadi karakter yang dapat melekat dalam jiwa anak.

Abstract - Creativity is one of the important soft skills that every human being must possess. Creativity is the interaction between intellectual, emotive, and motivational forces. Therefore, developing children's creativity is very important to assist the development of creativity including cognitive, social, emotional, and affective aspects. This article will discuss the aptitude of 4-6 years of early childhood aptitude creativity. Early childhood is often called the "golden age" or golden age. At this time almost all the potential of children experiencing sensitive periods to grow and develop. In developing creativity starts from the smallest scope, namely the family. The family environment is one of the tri education centers that work together to provide education for children. This study aims to find out how to develop children's aptitude creativity with habituation strategies in the family environment, as well as how the role of parents in developing children's creativity. The method used in this research is a descriptive qualitative approach to literature study. This research utilizes various references in the form of books and journals related to the themes discussed to process and analyze data. The results showed that children's aptitude creativity can be developed through habituation strategies. Habituation and civilizing are traits in mind If the habituation strategy continues to be repeated and cultivated in the family to develop children's aptitude creativity. Then, it will become a character that can be inherent in a child's soul.

Keywords - Aptitude Creativity, Habituation Strategy, Family Environment


Full Text:

PDF

References


P. Tabrani, Kreativitas dan Humanitas: Sebuah Studi Tentang Peranan Kreativitas Dalam Perkehidupan Manusia, Yogyakarta: Jalasutra, 2006.

N. S. Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

R. H. Moos and B. H. Moos, Family Enviroment Scale Manual, Menlo Park, USA: Mindgarden Inc, 2009.

L. Uce, "The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak," Bunayya: Jurnal Pendidikan anak, vol. 1, no. 2, pp. 77-92, 2017.

F. Jalal, "Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Yang Mendasar," Buletin Padu, vol. 1, 2002.

Maragustam, Pembentukan Karakter Anak Bangsa, Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019.

A. Amin, Ethika Ilmu Akhlak, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

E. Hurlock, Perkembangan Anak Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 1999.

K. Kartono, Psikologi Umum, Bandung: ALUMNI, 1984.

U. Munandar, Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia, 1999.

H. Masruroh and I. W. Widayat, "Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Gifted," Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, vol. 3, no. 3, 2016.

J.P Guilford, Fundamental Static in Psycology and Education, New York: MC Graw-Hill, 1973.

Rohani, "Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas," Raudhah Program Studi Pendidikan Guru, vol. 5, no. 2, 2017.

M. Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru . Revisi, Bandung: Rosdakarya, 1977.

M. Yamin and J. S. Sanan, Panduan PAUD (Pendidikan anak Usia Dini), Jakarta : Referensi, 2013.

G. S. Marisson, Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edisi ke lima, Jakarta Barat: PT Indeks, 2012.

Suyadi, Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: PT Pusaka Insani Madani, 2010.

J. W. Santrock, Life Span Development Terj. Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5, Jakarta: Erlangga, 2002.

Y. Jahja, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2011.

A. Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya), Jakarta: Kencana , 2011.

L. E. Berk, Development Through The Lifespan, Terj, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Cetakan ke-3, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

F. Marilyn, Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktik, Jakarta: EGC, 1998.

A. Holis, "Peranan Keluarga /Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol. 1, no. 1, 2007.

T. R. Yulianti, "Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah)," Jurnal Empowerment, vol. 4, no. 1, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i3.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors