Penanaman Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Di Sentra Balok

Riskia Fitriani, Rohita Rohita

Abstract


Abstrak- Kemandirian merupakan salah satu karakter yang perlu dimiliki dan ditanamkan kepada anak sejak dini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam penanaman kemandirian anak melalui pembelajaran di sentra balok Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 45 Grand Depok City. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak-anak Kelompok A4 di sentra balok Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 45 Grand Depok City. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data Model Interaktif dari Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Data disajikan dalam bentuk narasi dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kemandirian anak melalui pembelajaran di sentra balok Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 45 Grand Depok City dilakukan dengan penerapan aturan main secara konsisten pada saat pijakan sebelum main, yang meliputi aturan: 1. ambil dan kembalikan balok pada tempatnya; 2. Jaga baloknya; 3. baloknya berbagi dengan teman; dan 4. ambil balok secukupnya.


Abstract - Independence is the character which is important to be instilled in children from an early age. The purpose of this study is to describe how the independence of children is build through learning in the beam center of Al Azhar 45 Islamic Kindergarten Grand Depok City. This research used qualitative method with a descriptive approach. Data collection through interviews, observations and documentations method. The data sources in this study are from the A4 school principals, teachers and children at the Al Azhar 45 Islamic Kindergarten Center Grand Depok City. Data analysis was carried out using the Interactive Model data analysis techniques by Miles and Huber which included data reduction, data presentation and data verification. The data presented in form the narratives and images. The results showed that building the children's independence through learning in the beam center of Al Azhar 45 Islamic Kindergarten Grand Depok City was carried out by applying the rules of the game consistently on the footing before playing, which included rules: 1. Take and return the beams in its place; 2.Taking care the beams; 3. Shared the beams with friends; and 4. Take the beams as much as needs it.

Keywords - Block Centre, Independence, Learning


Full Text:

PDF

References


S. Yusuf, ‘Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja”, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2009.

Monks, dkk, “Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagian”, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1994.

Pusat Kurikulum Balitbang Departemen Pendidikan Nasional. ‘Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini”, Jakarta, 2007.

Fadholi, Muhammad. “Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Ditinjau dari Pola Asuh Demokratis”. [Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.2011.

Y. Nurfalah, Panduan Praktis Melatih Kemandirian Anak Usia Dini, Bandung: PNFI Jayagiri, 2010.

A. Budinurani, “Kemandirian Pada Remaja Putra Yang Menikah Muda” [Skripsi], Universitas Gunadarma, 2009.

Y. Martinis, Jamilah, S. Sanan, “Panduan Pendidikan Anak Usia Dini”. Ciputat: Gaung Persada Press Group, 2013.

Ambarsari, Ema; Syukri, M.; dan Miranda, Dian. Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4-5 tahun di Taman Kanak-KanakMujahidin 1. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3, No. 9, September 2014. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=174887

http://peraturan.go.id/uu/nomor-20-tahun-2003.html. http://peraturan.go.id/inc/view/11e44c4ebd4cb9008216313231363139.html

N. A. Wiyani, “Bina Karakter Anak Usia Dini: anduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini”. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

Peraturan Menteri Nomor 146. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

M. Latif, dkk. ‘Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013.

I. Rahaju, “Analisis Penyelengaraan Pendidikan Anak Usia Dini Yang Menggunakan Model Beyond Center And Circle Time” .2014.

M. S. Tedjasaputra, “Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini.” Jakarta:Gramedia Pustaka. 2001.

Panduan Pendidikan Sentra Untuk PAUD (Sentra Balok). Jakata: Pustaka Al-Falah.

Asmawati,.dkk. “Pengelolaan kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini”. Jakarta: Universitas Terbuka. 2008.

Children Resources International, Inc. “Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak”. Jakarta. 2000.

Sugiyono. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: Penerbit Alfabeta. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors