Penerapan Perilaku Hormat dalam Pandangan Al Zarnuji untuk Memperkuat Sopan Santun Anak: Systemic Literature Review
Abstract
Sopan santun berperan penting dalam membangun hubungan interaksi sosial, apabila siswa dapat berinteraksi sosial dengan baik maka akan mudah diterima di lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan perilaku hormat menurut Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’alim dalam sopan santun siswa, karena pada saat ini sopan santun menjadi hal yang diremehkan. Penelitian ini menggunakan Metode Studi Literatur, dengan data sekunder penelitian berupa temuan penelitian dari berbagai artikel, sumber pustaka dan dokumen yang sesuai dengan tema. Penelitian literatur menggunakan sumber-sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitian, kemudian dikumpulkan, disusun, dipelajari, dianalisis dan disimpulkan guna memperoleh rekomendasi mengenai topik. Berbagai kasus terkait ketidaksopanan siswa terhadap guru, karakter sopan santun sendiri merupakan cerminan dari perilaku yang didasarkan pada rasa menghargai diri sendiri, orang lain dan menghargai lingkungan. Faktor yang penting dalam terbentuknya perilaku siswa adalah di lingkungan, salah satunya lingkungan sekolah. Dimana peran guru dalam penerapan pendidikan karakter sangat dibutuhkan. Salah satu cara penanaman karakter yaitu dengan mengimplementasikan pemikiran Al-Zarnuji terkait penerapan perilaku hormat untuk memperkuat sopan santun siswa. Seperti menghormati ilmu, siswa lainnya dan guru agar memperoleh ilmu yang manfaat dan kesuksesan dalam proses belajar.
Keywords – Politeness, Respectful behavior, Students, Al-Zarnuji.
Full Text:
PDFReferences
Al-Zarnuji, S. (2009). Terjemah Ta’lim Muta’alim (H. Abdullah & I. Hasan (eds.); 1st ed.). Mutiara Ilmu.
Alim, A., & Al-Hamat, A. (2021). Pembinaan Akhlak Menurut Syekh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Rayah Al-Islam. http://ejournal.arraayah.ac.id/index.php/rais/article/view/385.
Aliyah, Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’Limul Muta’Allim. Jurnal Research & Learning in Primary Education, 4(1), 177–183. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3507.
Annisa, A. F., & Pramudiani, P. (2022). Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Sopan Santun Pada Siswa Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1408–1416. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3211.
Bela, N., Jannah, S. R., & Jaenullah, J. (2023). An Analysis of Book T’alimul Muta’alim on Education Character and It’s Relationship with Education Character Programs at Indonesia. Bulletin of Pedagogical …. https://attractivejournal.com/index.php/bpr/article/view/213.
Damayanti, A. (2023). Persepsi Guru Terhadap Perubahan Karakter Sopan Santun Siswa Pasca Pembelajaran Daring. Jurnal Pengembangan Karir, 7(3), 1–10.
Darmawan, A., Junaidi, I. A., & Ayurachmawati, P. (2022). Analisis Penanaman Karakter Sopan Santun Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 209–2016. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.260.
Domino, P., Hanurawan, F., & Eva, N. (2023). Regulasi emosi dan perilaku agresi siswa: Budaya kehormatan sebagai mediator. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 12(2), 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v12i2.9079.
Faizin, M., Yudi, U., & Lestari, D. S. D. (2023). Etika Murid terhadap Guru Menurut Perspektif Shaikh Al-Zarnuji. Jurnal TARBAWI. https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/353.
Farhatilwardah, Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(2), 114–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114.
Haugh, M. (2024). (Im)politeness as object, (im)politeness as perspective. Journal of Politeness Research, 20(1), 201–226. https://doi.org/Https://doi.org/10.1515/pr-2023-0082.
Hernisawati, A. S., & Hayati, R. M. (2024). Analisis Pendidikan Akhlak Santri dalam Kitab Ta’lim Muta’alim di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Hidayatun Nasihin. Lensa Padagogika:Jurnal Tarbiyah Dan IlmuKeguruan, 1, 1–9. https://jurnal2.umala.ac.id/index.php/jft/article/view/146/5.
Intishar, A. R., & Nugrahawati, E. N. (2023). Pengaruh Regulasi Emosi terhadap Perilaku Cyberbullying pada Pengguna Media Sosial. Bandung Conference Series: Psychology Science, 140–147. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.5164.
Khoiriyah, L. (2022). Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Akhlak Santri Kelas Iii A Di Pondok Pesantren Hidayatul JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan http://journal.annur.ac.id/index.php/annur/article/view/558.
Komaria, S., Ningsih, K., & Titin. (2023). Improving Student’s Learning Result Using E-Encyclopedia Of Plants Structure And Function In Senior High School. JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan), 9(2), 116–124. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/journalcahayapendidikan/article/view/5275.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Pratama, A. Y., Yanti, M. T., Fitriani, E., Mardani, S., & Khosiah. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ips, 9(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.189.
Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1616.
Qodir, M. S. (2020). Pemikiran Syaikh Az-Zarnuji Adab Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman. https://www.journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/66.
Rahma, D. N., Matulessy, A., & Pratitis, N. (2023). Meningkatkan Regulasi Emosi dengan Mengurangi Deindividuasi pada Gen Z dalam Mencegah Perilaku Hate Speech pada Media Sosial. JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 289–303.
Rahmawati, N. R., Utomo, P., & Rohmawati, A. (2023). The Influence of School Environment on the Character Building of Discipline and Politeness of Primary School Students. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(2), 69–79.
Rasna, I. W., Suandi, I. N., Putrayasa, I. B., & Paramarta, K. (2024). Directive Speech Act Politeness in a Pediksaan Ritual: A Sociopragmatic Study. Journal of Language Teaching and Research, 14(2), 644–653. https://doi.org/https://doi.org/10.17507/jltr.1502.33.
Rika, Fahrudin, & Sumarna, E. (2020). Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 23–36. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/12795..
Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(8), (3029-3036. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.792
Saihat, H. (2008). Konsep Memuliakan Guru Menurut Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. UIN Walisongo.
Samsiyah, S., Hanif, M., & Parji, P. (2020). Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 40–51. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5521.
Santoso, G., Rahmawati, P., Murod, M., Susilahati, Setiyaningsih, D., & Asbari, M. (2023). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Karakter Sopan Santun Siswa. Jupetra, 2(1), 91–99.
Sasi, B. S. I. P., & Murdiono, M. (2023). Strategi Guru PPKn dalam Penguatan Karakter Sopan Santun SMP Perbatasan di Kabupaten Bantul. Jurnal Agora, 12(3), 277–289. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/20156/18099.
Sholikha, S. I., & Nuroh, E. Z. (2023). Upaya Guru dalam Penguatan Karakter Disiplin dan Sopan Santun Pasca Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 6(2), 60–68. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/12795.
Sitorus, R. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI. Journal of Education Action Research, 5(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31522.
Sobry, M. (2022). Tahapan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Menurut Al Zarnuji: Kajian Literatur. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3), 671–683.
Suwandi, E., & Priyatna, O. S. (2020). Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Perilaku Santri. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 93–98. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i2.540.
Waruwu, R. B., Suryati, O., Zebua, A. J., Sitorus, S. S., & Hao, N. P. (2023). Gambaran Sopan Santun Mahasiswa Prodi MIK di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 93–101. https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/14206.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i3.3113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)
Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatab 12110