Peran Kegiatan Fun cooking dalam Kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak

Yosi Amaros, Rohita Rohita

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fun coooking dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional dan bahasa anak di TK Al Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini anak usia 5-6 tahun yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler fun cooking berjumlah 8 orang anak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di triangulasi dengan jenis triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian anak, diperoleh informasi bahwa fun cooking memiliki peran dalam kemampuan sosio emosional dan bahasa anak. Kegiatan fun cooking memiliki peran dalam kemampuan bahasa anak terutama dalam memahami beberapa perintah secara bersamaan; menjawab pertanyaan yang lebih kompleks; memperkaya perbendaharaan kata; serta menuliskan nama sendiri. Sementara dalam kemampuan sosial emosional anak, fun cooking membuat anak mampu menaati aturan kelas; mengatur diri sendiri; berbagi dengan orang lain; menunjukkan sikap toleran; serta mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada.

Abstract  - This study aims to determine the role of fun cooking in improving emotional social skills and language of children in kindergarten Al Izhar Pondok Labu, South Jakarta. These research subjects 5-6 years old children who take part in extracurricular fun cooking amounted to 8 children. The method used is descriptive qualitative approach with data collection technique using observation, interviews, and documentation. Then the data that have been collected in triangulation with the type of triangulation techniques. Based on the results of the study of children, there was information that the fun of cooking has a role in the socio-emotional and language abilities of children. Fun cooking activities have a role in the child's language ability, especially in understanding multiple commands simultaneously; answer more complex questions; enriching vocabulary; as well as write his own name. While the emotional social abilities of children, fun cooking to make children able to obey the rules of the classroom; self-regulating; share with others; show tolerance; and express the emotions that correspond to existing conditions.

Keywords -  Fun cooking, Language skills, Social emotional skills


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Moersintowati, Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Jakarta:

Sagung Seto, 2002.

Marwati, dkk, Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah

Kejuruan Melalui Pencapaian Keterampilan Wirausaha Bidang Boga.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

J. Appleton, and Nadien McCrea, Do Carrots Make You See Better? A

Guide To Food and Nutrition in Early Childhood Programs. Maryland:

Gryphon House, 2011.

D. T. Dodge, and L. J. Colker. The Creative Curriculum For Early

Childhood, Third Edition. Washington, DC: Teaching Strategies, Inc,

Suhartono, Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini,

Jakarta: Depdikbud, 2005.

Sutirna, Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta:

Penerbit Andi, 2013.

Trianto, Desain Pengembangan Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA

& Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group, 2011.

Permendikbud Nomer 137 Tahun 2014 Tentang Tingkat Pencapaian

Perkembangan Anak (TPPA).

D. Setyawati, Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Fun

cooking Di Kelompok B TK Puspasari, Margosari, Pengasih, Kulon

Progo, Skripsi: PG PAUD UNY Yogyakarta, 2013.

J. L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Resdakarya, 2011.

D. Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu

Komunikasi dan Ilmu Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabe, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors