Ragam Gaya Belajar Siswa SMA Menurut David Kolb dalam Pembelajaran Biologi

Eka Putri Azrai, Ernawati Ernawati, Gita Sulistianingrum

Abstract


Abstrak - Gaya belajar merupakan cara yang digunakan siswa untuk memahami informasi pembelajaran. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, sehingga cara belajar mereka mungkin berbeda juga. Informasi tentang gaya belajar siswa adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan guru dalam merancang pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran akan berjalan efektif dan membantu siswa mencapai prestasi terbaiknya. Ada banyak teori dan model gaya belajar. Instrumen penentu  gaya belajar juga telah banyak dikembangkan, salah satunya adalah gaya belajar menurut David Kolb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam gaya belajar siswa SMA menurut David Kolb dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini telah dilakukan di SMAN 105 Jakarta pada bulan April - Agustus 2016. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa adalah Kolb Learning Style Inventory (KLSI) Versi 3.1 tahun 2005. Hasil yang diperoleh dari  penelitian ini adalah gaya belajar siswa SMAN 105 Jakarta tersebar dalam 4 ragam gaya yaitu diverger, assimilator, akomodator, dan konverger. Kelompok siswa dengan gaya belajar terbesar adalah diverger diikuti gaya belajar assimilator, accomodator dan converger. Terdapat perbedaan sebaran gaya belajar pada masing-masing tingkatan kelas.

Abstract - Learning style is the way which is using by the students to understand the learning information. Every student has different learning style which makes the way how they learn might be different as well. The information about the students’ learning style is something that teacher has to consider about in designing the learning so that the learning activity will run effectively and help the students to achieve their best achievement. There are many theories and model of learning style. The determinant instrument of learning style had been developed, one of it is learning style by David Kolb. This study aims to know various kinds of learning style of Senior High School students according to David Kolb in Biology learning. This study has been conducted at SMAN 105 Jakarta on April – Agustus 2016. This study was conducted by using survey method. The instrument using to determine students’ learning style is Kolb’s Learning Style Inventory (KLSI) Version 3.1 year 2005. The result found from this study is there are four students’ learning styles at SMAN 105 Jakarta, which are diverger, assimilator, accommodator, and converger. The largest amount of students’ learning style is diverger, then following by assimilator, acomodator and converger. Also, there are some differences learning style distribution on each grade levels.

Keywords - Acomodator, Assimilator, Converger, Diverger, Learning Style


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

A.J. Fuad, Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar, Psychology

Forum UMM. ISBN: 978-979-796-324-8, 2015.

M.N. Ghufron dan R. Risnawita, Gaya Belajar: Kajian Teoritik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

D. Indriana, Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif.

Yogyakarta: DIVA Press. 2011.

A. Y. Kolb, dan D. A. Kolb, Experimental Learning Theory

Bibliography. Cleveland, OH : Experience Based Learning System

Inc, 2003.

______, The Kolb Learning Style Inventory Version 3.1 2005

Technical Specifications. Boston : HayGroup, 2005.

N. Othman, dan S.R. Othman, Gaya Pembelajaran Kolb dalam Mata

Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi, 40(E), 45 – 58.2004.

S. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors