Pemahaman Identitas dan Toleransi Keberagaman Budaya Mahasiswa Sastra Inggris UAI Melalui Puisi Multikultural Kesusasteraan Inggris: Sebuah Kajian Multikulturalisme

Sherien Sabbah, Paramita Ayuningtyas

Abstract


Abstrak - Penelitian ini dilakukan untuk melihat respon mahasiswa Sastra Inggris UAI dalam memahami konflik keberagaman dan pemahaman identitas budaya terkait dengan ideologi multikulturalisme melalui puisi  multikultural kesusasteraan Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode reader-response (respon pembaca) dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa Sastra Inggris UAI yang mengambil mata kuliah Pengkajian Puisi sebanyak 26 orang. Dengan menggunakan teori  Identitas  oleh Stuart Hall sebagai kajian multikulturalisme dan teori intrinsik puisi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran jelas mengenai respon mahasiswa Sastra Inggris terhadap teks-teks sastra bertema multikultural dan juga gambaran jelas sejauh mana pemahaman lintas budaya mereka. Pada akhirnya hasil ini secara garis besar menunjukkan bahwa pemahaman keberagaman, kepedulian sosial dan toleransi di kalangan mahasiswa sastra Inggris UAI belum baik karena sebanyak 53.86% responden terlihat mengalami kesulitan untuk memahami dan menginterpretasikan isi puisi serta tidak bisa mengaitkan tema puisi dengan kondisi keberagaman di kehidupan mereka sehari-hari.

 

Kata Kunci – Multikulturalisme, Identitas Budaya, Identitas Budaya, Tanggapan Pembaca

 

Abstract – This research is done to see the English Department students’ response in understanding cultural identity and issues of differences related to the ideology of multiculturalism through interpreting a multicultural poem in English. This research is a qualitative research implementing a reader-response method using 26 students of the English Department in UAI as the subject of research. By conducting Stuart Hall’s theory of Identity as a multiculturalism analysis and theory of Poetic devices, this research is done to give a clear perspective on the students’ response towards a multicultural theme in a literary text as well as giving view on their intercultural understanding. In the end, this research shows that overall these students’ understanding towards the issue of differences and tolerance is unsatisfying seeing that 53.86% respondents were unable to understand and interprete the poem as well as were unable to relate the theme of the poem to the condition around them in reality.

Keywords - Multiculturalism, Cultural Identity, Poetic Devices, Reader’s Respond, Stuart Hall


Full Text:

PDF

References


Budianta, Melani. 2003. “Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural: Sebuah Gambaran Umum” dalam Tsagafah, Vo.l 1, No. 2

Hall, Stuart (ed.). 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publications

Parekh, Bhikhu. 1997. “National Culture and Multiculturalism”. Media and Cultural Regulation. Kenneth Thompson (ed.). London: Sage Publications and the Open University.

Teeuw, A. 1984. Sastera dan Ilmu Sastera. Pustaka Jaya: Jakarta

Woodward, Kathryn (ed). 1997. Identity and Difference. London: Sage Publications

Thorne, Sara. 2006. “Mastering Poetry”. Palgrave Macmillan: Hampshire dan New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i2.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitors