Interferensi Fonologis Bahasa Arab “Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab”

Thoyib Thoyib, Hasanatul Hamidah

Abstract


Abstrak - Peristiwa gangguan fonologis dapat terjadi karena kontak dua bahasa. Interaksi Arab dan Indonesia memungkinkan kontak bahasa yang dapat menyebabkan pengguna bahasa asing mengalami gangguan fonologis dan gramatikal. Penelitian ini difokuskan pada gangguan fonologis pada siswa non-Arab Universitas Al-Azhar Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang gangguan fonemik pada pelajar pemula bahasa Arab. Studi ini juga memberikan manfaat bagi guru bahasa Arab di Indonesia untuk menemukan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai. Metode deskriptif dan metode kontrasif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rekaman suara pada 12 siswa dari 6 fakultas dengan cara membaca fonem bahasa Arab. Berdasarkan rekaman, ditemukan 14 gangguan nada konsonan: / ġ / direalisasikan sebagai [g], / q / direalisasikan sebagai [k], / ś / direalisasikan sebagai [s], / ʕ / direalisasikan sebagai [?], / ŧ / disadari sebagai [ṣ], / ṣ / direalisasikan sebagai [s], / x / direalisasikan sebagai [h] dan [ħ] / ħ / direalisasikan sebagai [h], / đ / direalisasikan sebagai [d] dan [ð], / ð / direalisasikan sebagai [z], / θ / direalisasikan sebagai [s], / ż / direalisasikan sebagai [z] dan [ð], / h / direalisasikan sebagai [ħ]. Intervensi vokal ditemukan dalam 4 vokal: pendek / a / vokal yang direalisasikan sebagai [ɔ], long / a: / vokal yang direalisasikan sebagai [o], / i: / disadari sebagai [i] dan / u: / disadari sebagai [u] . Penyimpangan yang paling sering ditemukan dalam konsonan / ż / direalisasikan sebagai [z] dan konsonan / θ / direalisasikan sebanyak 29,76%. Tingkat gangguan masing-masing responden dipengaruhi oleh dua hal: durasi belajar dan frekuensi penggunaan bahasa sehari-hari.

 

Kata Kunci – Gangguan, Konsonan, Vokal, Artikulasi

 

Abstract - Phonological interference events may occur due to two-language contacts. An Arab and Indonesian interaction allows a language contact that can lead foreign language users to experience phonological and grammatical interferences. This study is focused on phonological interferences on non-Arabic students of the Al-Azhar University of Indonesia. The objective of this study is to provide information on phonemic interferences in novice Arabic learners. This study also gives merits to Arabic teachers in Indonesia to find appropriate learning methods and strategies. Descriptive method and contrastive method were employed in this study. Data collection was conducted using sound recordings on 12 students of 6 faculties by way of reading of Arabic phonemes. Based on the recordings, 14 consonant-tone interferences were found: /ġ/ realized as [g], /q/ realized as [k], /ś/ realized as [s], /ʕ/ realized as [?], /ŧ/ realized as [t], /z/ realized as [ṣ], /ṣ/ realized as [s], /x/ realized as [h] and [ħ]/ħ/ realized as [h], /đ/ realized as [d]  and [ð], /ð/ realized as [z], /θ/ realized as [s], /ż/ realized as [z]  and [ð], /h/ realized as [ħ]. Vowel interferences were found in 4 vowels: short /a/ vowel realized as [ɔ], long /a:/ vowel realized as [o], /i:/ realized as [i] and /u:/ realized as [u]. The most frequent deviations were found in consonant /ż/ realized as [z] and consonant /θ/ realized as [s] as much as 29.76%. The interference level of each respondent was influenced by two things: the duration of learning and the frequency of day-to-day language use.

 

Keywords - Interference, Consonants, Vowels, Articulation

Full Text:

PDF

References


Chaer. Abdul et. al.2010. Sosiolinguistik suatu Pengantar. Rineka Cipta: Jakarta.

Crystal. David, A Dictionary of Linguistic and Phonetics, Blackwell Publishing, UK, 2008

Jendra I Wayan. 1991. Dasar – Dasar Sosiolinguistik. Denpasar: Ikayana

Letmiros. Tesis, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, Indonesia, 1996. patent

Nur. Tajuddin, analisis kontrastif dalam studi bahasa arab. Journal of Arabic Studies 1 (2), p64-74,2016

Richards. Jack C, Scmidt. Richard, Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics, Routledge, New York, 2010

Tobing, Roswita Lumban. Tesis, Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2012,Patent

Weinreich. Uriel.1979. Language in Contacts: Finding and Problems.Mouton Publishe: Paris




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i2.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors