Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa

Faisal Hendra

Abstract


Abstrak - Keberhasilan penerapan kurikulum pembelajaran bahasa asing diperguruan tinggi harus didukung dengan kemampuan profesional pendidik dan lembaga pendidikan mengawal pelaksanaan lima unsur yang ada dalam kurikulum. Kelima unsur ini adalah: tujuan yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa asing, bahan ajar yang digunakan, metodelogi penganjaran yang dipakai oleh dosen, alat bantu pengajaran yang mendukung proses pembelajaran bahasa dan yang terakhir proses evaluasi yang digunakan dosen dalam menentukan sejauhmana keberhasilan pembelajaran bahasa asing yang dipelajari. Keseimbangan lima unsur dalam pembelajaran bahasa asing di Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia menjadi satu keharusan untuk diterapkan. Dari hasil penelitian ini didapatkan data bahwa lima unsur kurikulum dalam pengajaran bahasa asing di Fakultas Sastra sudah dilaksanakan dengan baik walaupun dibeberapa sisi masih perlu untuk ditingkatkan lagi. Untuk mengembangkan kurikulum dan meningkatkan proses pembelajaran kemahiran berbahasa asing di Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia kedepannya, maka penelitian ini dilakukan.

Kata kunci: persepsi, mahasiswa, proses pembelajarn, kemahiran berbahasa

Abstract - The success of the curriculum of foreign language implementation at a University level should be supported by the educator’s professional skills and educational institutions itself that supports the implementation of the five elements in the curriculum. These five elements are: the goal in teaching foreign languages, the teaching materials, the teaching methodologies used by lecturers, the teaching aids that support the process of language learning and finally, the evaluation process used by lecturers in determining how far the success of the foreign language learning studied has achieved. The balance of these five elements in foreign language learning at the Faculty of Letters, Al Azhar University of Indonesia becomes a must to apply. From the results, this study obtained data that the five elements of the curriculum in the teaching of foreign languages in the Faculty of Letters has been implemented well, although some areas still need a lot of improvement. To develop the curriculum and improve the process of learning foreign language proficiency in the Faculty of Letters, Al Azhar University of Indonesia in the future, this research is conducted.

Keywords: perception, student, learning process, language proficiency


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar (Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997)

Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab (Cet.I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)

Prof. Dr. Aziz Fahrurrazi, MA, Erta Mahyudin, M. Pd, Pembelajaran Bahasa Arab, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, DEPAG RI, 2009

Ruslan. A. Tabrani, Astang Kusnidar dan Zainal Arifin, Pendekatan dalam Proses Mengajar, Bandung: Remaja Karya, 1989

Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, 2005, Penerbit Misykat Malang.

Makmun Abin Syamsududin, Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1990

Faisal Hendra, Penggunaan Alat Bantu dalam Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia, Antara harapan dan Tantangan, Desertasi S3, 2006

Borang Sastra Arab, Sastra China, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Pengajuan Akreditasi Jurusan yang ada di Fakultas Sastra UAI tahun 2010 dan 2013.

Portfolio Fakultas dan Borong Institusi Fakultas Sastra 2014, Akreditasi Sastra Arab 2014

http://www.psb-psma.org/content/blog/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran, [diakses pada bulan Juni 2015]

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/daftar-isi-makalah-pendidikan/

http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/,

http://www.masbow.com/2009/08/apa-itu-persepsi.html, [diunduh pada bulan Juni 2015]

http://panduanguru.com/pengertian-belajar-dan-mengajar/, [diunduh pada bulan Juni 2015]

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/34483/3/Chapter%20II.pdf

http://eprints.ung.ac.id/5762/3/2012-1-86205-121409048-bab2-06092012013521.pdf, [diunduh pada bulan Juni 2015]

http://www.slideshare.net/septianraha/kompetensi-mengajar, [diunduh pada bulan Juni 2015]




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v3i4.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors