Belajar Kemahiran Berbahasa Asing Mahasiswa Fakultas Sastra Melalui Aktifitas dan Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan (Studi Analisis Program Kerja Organisasi Mahasiswa)

Faisal Hendra, Zulkarnen Zulkarnen

Abstract


Abstrak - Penelitian ini berjudul, Belajar Kemahiran Berbahasa Asing  Mahasiswa Fakultas Sastra Melalui Aktifitas dan Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan (Studi Analisis Program Kerja Organisasi Mahasiswa). Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauhmana tingkat partisipasi dan keikutsertaan mahasiswa Fakultas Sastra yang tergabung dalam organisasi mahasiswa dalam menjalankan program kerja organisasi mereka berbasis kemahiran berbahasa yang diopelajari di Fakultas Sastra. Penelitian ini bersifat kualitatif, dari hasil yang diperoleh, peneliti menganalisa dan menarasikan data-data yang didapatkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, Fakultas Sastra UAI dalam membina organisasi kemahasiswaan mahasiswa sudah melakukan pembinaan dengan baik, walaupun masih perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Konsep kekeluargaan menjadi dasar pengelolaan organisasi di FS. Program kerja yang dibuat dan dilaksakan oleh organisasi kemahasiswaan ada yang sudah menunjang proses pembelajaran kemahiran berbahasa, ada juga yang tidak.  Masih perlu ditingkatkan lagi bentuk dan pengelolaan program kerjanya. Untuk partisipasi, keaktifan dan keikutsertaan mahasiswa Fakultas Sastra yang tergabung dalam organisasi dalam mengelola organisasi mereka masih beragam. Tingkat partisipasi mereka dimasing-masing organisasi berbeda, ada yang kecil ada juga yang sudah masuk kategori baik.

 

Kata kunci - Kemahiran Berbahasa, Aktifitas, Program Kerja, Organisasi Kemahasiswaan

 

Abstract - This study entitled, Learning Proficiency in Foreign Language for Students Faculty of Letters through Activities and Student organization’s Work Program (the Analyzation within the Student Organization’s work program). This research was conducted to see how far the participation and involvement of students in Faculty of Letters, those who joined in the student’s organization, in running their organization work program based on the language proficiency studied in the Faculty of Letters. This research is qualitative. It has conducted by the researcher’s analyzation and narration from the data obtained. The results of the research shows that, UAI Faculty of Letters have done good coaching in fostering it student organizations, although it still needs improvement in its quality and quantity.The concept of kinship becomes the basis of organizational management in FS. The student organization has created work programs. Some of the work program that has been implemented by the student organizations supported the learning process language skills, yet some others are not. The student organization still needs to improve the form and management of the work program. The students in Faculty of Letters conduct their participation (in term of being active and cooperative within working on the work program) diversely. Some shows very little effort of participation in the work program, and others shows very good effort of participation.

 

Keywords - Language Skills, Activities, Work Program, Student Organization

Full Text:

PDF

References


Kreshna W. Bondan, Cara Cerdas Pilih Jurusan, Demi Profesi Impian. 2010, Yokyakarta, Jokya Great

Hutapea Parulian, Nurliana Thoha, Kompetensi Plus, Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis, 2008, Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Mochammad Ainin. Metodelogi Penelitian Bahasa Arab, 2007, Hilal, Bandung

Subiyakto, Sri Utari dan Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta : P.T Gramedia Pustaka Utama, 1993. Fahmi, Ismail The Indonesian Digital Library Network.

Makmun Abin Syamsududin, Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1990

Buku Pedoman Akademik Universitas Al Azhar Indonesia, Cetakan tahun 2015.

Peraturan Universitas Al Azhar Indonesia No. 001 tahun 2013, tentang Tata Kelola Organisasi Mahasiswa di UAI.

http://srisukopujilestari.blogspot.co.id/2011/07/pengalaman-pembelajaran.html

https://nanangfuad.files.wordpress.com

http://www.berkuliah.com/2014/10/tips-membagi-waktu-kuliah-dan.html

http://galaksiilmu89.blogspot.co.id/2012/06/teori-pemerolehan-bahasa.html




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v3i4.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors