Pelatihan Optimalisai Tumbuh Kembang Anak pada Orangtua Anak Usia Dini

Radhiya Bustan, Nurfadilah Nurfadilah, Nila Fitria

Abstract


Abstrak - Mendidik dan mengasuh seorang anak tentunya membutuhkan pengetahuan akan tumbuh kembang anak. Adapun aspek perkembangan anak usia dini meliputi tiga aspek, yaitu aspek fisik, kognitif dan psikososial (Papalia & Olds, 1995). Anak usia dini adalah anak-anak yang berada pada usia 0-8 tahun. Pendidikan keorangtuaan menjadi penting bagi orangtua supaya orangtua dapat memaksimalkan perkembangan semua potensi anak, baik fisik, kognitif, maupun psikososial anak. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, diperoleh hasil bahwa sebagian besar orangtua berharap memperoleh pengetahuan terkait pendidikan keorangtuaan yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan karena mereka masih sangat minim memperoleh informasi yang terkait dengan tatanan praktisnya. Untuk itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan intervensi berupa pelatihan dengan tujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui Pelatihan pada Orangtua Anak Usia Dini. Setelah melakukan pelatihan, diperoleh hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa (1) 90% peserta pelatihan merasa bahwa materi yang dibawakan pembicara sesuai dengan kebutuhan serta materinya mudah untuk dipahami, (2) 80% peserta pelatihan berusaha mempraktekkannya dalam mengajar di lembaga PAUD atau mendidik anaknya, (3) 80% peserta pelatihan menjadi bersemangat menjalani hari-hari sebagai orangtua setelah melakukan kegiatan pelatihan ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa intervensi yang dilakukan tepat guna dan sesuai dengan hasil penelitian terdahulu meskipun topik yang diberikan belum menyeluruh. Oleh karena itu, perlu ada pelatihan untuk pemberian materi dasar lanjutan tentang perkembangan anak, yang mencakup aspek fisik, seni, dan moral agama. Sebagai saran selanjutnya, pelatihan yang sifatnya aplikatif terhadap permasalahan tertentu akan efektif dilaksanakan jika peserta telah memahami pengetahuan dasar secara menyeluruh. Materi tersebut sebaiknya diidentfikasi pada saat pelatihan dasar lanjutan berakhir agar tepat guna.

 

Kata KunciMengasuh anak, latihan, Anak Usia Dini

 

AbstractParent needs to know about child care education to help children grow and develop their potential according their age and capability, especially in early years. Parents have to stimulate the three areas of child development, physics, cognitive, and psychosocial (Papalia & Olds, 1995). According to our preliminary research,  parents needs practical knowledge that can help them in optimizing their children at their best. The research was followed by an intervention program in a form of training. The training was begun with providing general topic, such as parent’s role in educating the children, and then continued with a specific topic such as child’s psychosocial development and child’s cognitive development. Effectivity of training was measured trough questioner. The result are (1) 90% of participants stated that the materials that were given to them is easily understood and suitable for their needs, (2) 80%  of participants have tried to practiced with the children in their institution and their home, (3) 80% of participants become highly motivated to run their role as a parent and educator for the children. It can be concluded that the intervention has been appropriate and in accordance with the results preliminary research although a given topic has not been all thorough. Therefore, there needs to do advanced training of basic materials on child development, which includes the physical, art, and moral religion topics. For further advice, the training that will be conducted later are more practical to specific issues and the material should be identified during the basic training in order to get the best benefit to the participants.

 

Keywords – parenting, training, early childhood


Full Text:

PDF

References


Brooks, Jane B. (1991). The Process of Parenting. 3rd edition. Mayfield Publishing Company

Gredler, Gilbert R.(1992). School Readiness: Assessment and Educational Issues. Clinical Psychology Publishing Company, Brandon, Vermont

Henniger, Michael L. (2013). Teaching Young Children: An Introduction. Pearson

Martin, A. Carole & Karen K. Colbert. (1997). Parenting : A Life Span Perpective. McGraw-Hill Companies, Inc

Morrison, G.S. (2012). Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edisi Kelima (terjemahan). Jakarta: Indeks

Papalia, Diane & Ruth D Feldman.(2013). Experience Human Development 12ed. McGraw-Hill International Edition

Patmonodewo, Soemiarti. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Depdikbud & Rineka Cipta

Semiawan, Conny. 2002. Belajar Dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini, Pendidikan Prasekolah Dan Dasar. Jakarta: Prenhalindo.

Wibowo, Timothy. 2012. Rahasia Sukses Pendidikan Karakter: 7 Hari Membentuk Karakter Anak. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v3i3.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitors