Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Taman Kanak-Kanak

Nila Fitria

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara kedua variabel bebas (kecerdasan emosi dan konsep diri) dengan variabel terikat (kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak). Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh guru Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Larangan Tangerang (jumlah guru sebanyak 310 orang). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi (X1) dengan kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak (Y), koefisien korelasi antara kecerdasan emosi (X1) dengan kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak sebesar 0, 32. Melalui uji-t diperoleh thit sebesar 2,48 lebih besar dari pada ttab sebesar 1,67 sehingga koefisien korelasi (ry1) dinyatakan signifikan. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri (X2) dengan kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak, koefisien korelasi antara konsep diri X2 dengan kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak (Y) sebesar 0,48. Melalui uji-t diperoleh thit sebesar 3,98 lebih besar dari pada ttab sebesar 1,67 sehingga koefisien korelasi (ry2) dinyatakan signifikan. (3) Koefisien korelasi ganda secara bersama-sama antara kecerdasan emosi dan konsep diri dengan kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak diperoleh (Ry12) sebesar 0,48. Pengujian signifikansi melalui uji F diperoleh Fhit sebesar 8,00 lebih besar dari pada Ftab sebesar 3,18 sehingga koefisien korelasi ganda (Ry12) dinyatakan signifikan berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi dan konsep diri secara bersama-sama semakin tinggi juga kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosi dan konsep diri semakin rendah juga kemampuan mengajar guru taman kanak-kanak.


Kata Kunci - Kecerdasan Emosi, Konsep Diri, Kemampuan Mengajar Guru TK

 

Abstract - This study aims to find out about the relationship between the two  independent variables(emotional intelligence and self-concept) with the dependent variable(the ability of teachers to teach kindergarten).The population in this study is the entire kindergarten teacher as Tangerang District Larangan(the number of teachers as much as310 people).The results of this study concluded that: (1) There is a significant relationship between emotional intelligence(X1) with the ability to teach a kindergarten teacher(Y), the coefficient of correlation between emotional intelligence(X1) with the ability to teach a kindergarten teacher (Y) at 0,32. Through the t-test of 2.48 obtained t-calculate is greater than-table correlation coefficient f1.67 (ry1) expressed significant. (2 )There is a significant relationship between self-concept (X2) with the ability of teachers to teach kindergarten, the correlation coefficient between self-concept X2 with the ability to teach a kindergarten teacher(Y) at 0,48. Through the t-test of 3.98 obtained Thit is greater than that-table correlation coefficient of 1.67(ry2) expressed significant. (3)The coefficient of multiple correlation jointly between emotional intelligence and self-concept and ability to teach a kindergarten teacher was obtained (Ry12) of 0.48. Testing the significance of F-calculate obtained through the F-test of 8.00 greater than 3.18 so F-table for multiple correlation coefficient(Ry12) revealed a significant means that the higher the emotional intelligence and self-concept together the higher the ability of teachers to teach kindergarten as children.Conversely, the lower the self-concept of emotional intelligence and the lower the ability of teachers to teach kindergarten.


Keyword – Emotional Intelligence, Self Concept, Teaching Skills Kindergarten Teachers

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Thomas. You’re Smarter Than You Think: Kamu Itu Lebih Cerdas daripada yang kamu Duga, Arvin Saputra Batam: Interaksa,2004

Arikunto, Suharsimi.Prosedur Penelitian, Rineka Cipta:1997

Bahaudin, Taufik. Brainware Management. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo, 2003

Cherrington, D.J,Organizational Behavir: The Management of Individual and Organizational Performance. Massachusetts: Allyn and Baco,

Faizah, Dewi Utama, Keindahan Belajar Dalam Perspektif Pedagogi, Jakarta: Cindy Grafika, 2008.

Gardner, Howard. Multiple Intelligence After 20 Years, Paper Presented at The American Educational Research Assosiation,2003

Goleman, Daniel. Emotional Intelegence. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 1998

Hendriati, Psikologi Perkembangan. Bandung : Refika Aditama, 2006

Hoerr, Thomas R. Buku Kerja Multiple Intelligence. Bandung : Penerbit Kaifa, 2007

Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Grasindo, 2006

Mappiare A, Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional, 1992

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.1999

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, Bnadung:PT Rosda Karya:2007

Muwarni,Santosa.Statistika Terapan, UHAMKA:2000

Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003

Robbins. Stephen. P 1996, Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I. PT. Prenlindo, Jakarta. 1996

Rivai, Veitzal. Kiat Memimpin Dalam Abad ke -21, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2003

Rustiyah, M.K. Kompetensi Mengajar dan Guru, Jakarta:1999

Satia Darma, Monty. Mendidik Kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer Obor,2003

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008

Singaribun, Masri.Metodologi Penelitian Survey, Jakarta:1999

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Alphabet, 2007

Sudjana, Metode Statistik. Bandung: 1996

Suryabrata,Sumadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta : CV Rajawali, 1995

Suparno. Manajemen Kepribadian, Jakarta: Pilar Multisindo.2005

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1996

Victor, Kiam. Enterpreneural Quetiont, 1999

Weisinger, Hendrie. Emotional Intelligence at work. Yosey. Bas Inc Publisher. 1st ed., 1998




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v3i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Unievrsitas Al Azhar Indonesia, Lt. 2, Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatab 12110

 

Visitors