Pendampingan Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal Rumah Potong Ayam Cari Berkah, Desa Pagelaran, Malingping, Kabupaten Lebak, Banten
Abstract
Abstrak
Rumah Potong Ayam (RPA) memiliki peran penting dalam rantai produksi produk halal, namun RPA di Desa Pagelaran, belum memiliki sertifikat halal. Adapun akses terdekat produk ayam bersertifikat halal masih berjarak lebih dari lima puluh kilometer dari lokasi desa. Hal ini menjadi suatu permasalahan serius mengingat ayam potong merupakan produk industri hulu, yang dapat mempengaruhi status kehalalan produk lainnya. Permasalahan ini dapat diatasi dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan penerapan sistem jaminan halal pada mitra RPA Cari Berkah pada proses pengajuan sertifikasi halal. Kegiatan ini terdiri dari tahap sosialisasi, pelatihan juru sembelih halal dan penerapan sistem jaminan halal, dan pendampingan
pengurusan sertifikasi halal. Hasil kegiatan abdimas menunjukkan adanya perbaikan fasilitas produksi, penerapan sistem jaminan halal, serta terpenuhinya berbagai dokumen standar sistem jaminan halal. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbaikan fasilitas produksi pada mitra RPA mencapai 77% dari standar nasional untuk rumah potong unggas, terdapat peningkatan penerapan sistem jaminan halal 20-100% dibandingkan kondisi awal. Selain itu, seluruh dokumen standar sistem jaminan halal dapat dipenuhi melalui kegiatan pendampingan yang dilakukan. Hasil audit oleh Lembaga Pemeriksa Halal menunjukkan mitra mampu menerapkan sistem jaminan halal dengan perolehan grade A. Kegiatan abdimas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar dalam mewujudkan wajib halal oktober 2024.
Kata kunci: Desa Pagelaran, Rumah Potong Ayam, Sertifikasi Halal.
Full Text:
PDFReferences
Aditi, B. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui kepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan. Art Design, Publishing & Printing, 14–24.
Hadi, F. R. & Astuti, T. D. (2024). Pelatihan WhatsApp Bisnis untuk Strategi Pemasaran Pada UMKM di Teweh Tengah, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(4), 420–424. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i4.299
Harmen, H., Indriani, R., Alfahmi, F., Sebastian, A., & Kristin, O. V. (2024). Analisis Dampak Sertifikasi Labelisasi Halal Terhadap Perkembangan UMKM di Bangkalan. Jurnal Masharif Al-Syariah, 9(3), 1516–1528.
Hartanti, H., & Oktiyani, R. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 183–190.
Hayati, B., & Mirawati, W. (2022). Pendidikan dan Pelatihan Tentang Higiene Sanitasi Makanan Pada Penjamah Makanan di UPT RPSLUT Budhi Dharma Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Pengabdian,3(2), 49–52. https://e- journal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2144%0Ahttps://ejournal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/jkpm/article/download/2144/1101
Ikhwani, H., Gunawan, S., Rakhmawati, N. A., & Rahmawati, S. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Usaha Mikro Pemotongan Ayam di Desa Jetak, Kelurahan Rembun, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sewagati, 6(4),1–8. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.1 09
Imamuddin, M., Syahrul, S., & Dantes, R.(2020). Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Oleh Mahasiswa PTKIN Se-Sumatera Barat. KABILAH : Journal of Social Community, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.35127/kbl.v5i1.3884
Istinganah, N. F., & Widiyanto. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 438–455.
Khamidinal, Krisdiyanto, D., Nugraha, S. I., & Sedyadi, E. (2018). Sertifikasi Halal Hasil Penyembelihan RPA Sleman Yogyakarta_ Aplikasia_.pdf. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(1), 63–72.
Ma’rifat, T. N., & Sari, M. (2017). Penerapan Sistem Jaminan Halal Pada UKM Bidang Olahan Pangan Hewani. Khadimul Ummah, 1(1). https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1421
Mawarsari, E. (2022). Penguatan Halal Value Chain pada Komoditas Daging Ayam di Peternakan Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. In Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Munawar, M. S. Al, Rohmah, M., Anton Rahmadi, Marwati, & Rachmawati, M. (2023). Penerapan sistem jaminan produk halal pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 165–
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.1999 6
Nahariah, Hikmah, Hastang, Jamaluddin, A. W., Handayani, N. A., & Febyana, A. (2024). Evaluasi Pengetahuan tentang Sistem Jaminan Halal oleh Pekerja pada Unit Usaha Peternakan di Kota Parepare Sulawesi Selatan Evaluation of Knowledge on Halal Assurance System by Workers in Livestock Business Units in Parepare City , South Sulawesi. Jurnal Peternakan, 21(2), 155–163.
Nuraini, I., & Samiono, B. E. (2024). Peningkatan Pengetahuan Digital Marketing UMKM Warga Rawa Badak Melalui Aplikasi Instagram. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 1(1), 115. https://doi.org/10.36722/psn.v1i1.3243
Rahayu, K. M., & Puspa, A. R. (2024). Peningkatan Mutu UMKM melalui Penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) pada UPH Olahan Susu di Pondok Ranggon Jakarta Timur. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 1(1), 31. https://doi.org/10.36722/psn.v1i1.3193
Setiawan, Y., & Lathifah, A. (2024). Ekosistem
Halal Rumah Potong Hewan ( Studi Kasus Juru Sembelih Halal U . D . Dragon Broiler dan Sinar Raya Abadi ). 10(1), 113–127. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebilla h.v10i1.2275
Sugandi, A., Ahmad, H., Indra, U., Ibn, K., & Bogor, I. (2023). Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui implementasi pelatihan penyembelihan halal. Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 177–196. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.8 920
Utami, K. A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda,A. A. N. E. S. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner Di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38458
Wulandari, O. (2020). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Pemasaran Ayam Potong 9 (Studi Kasus pada Usaha Ayam Potong Berkah). http://scholar.unand.ac.id/67892/
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3562
Refbacks
- There are currently no refbacks.